Persiapan Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Data Jelang Libur Akhir Tahun

- Advertisement -

Technologue.id, Karawang – Memasuki libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NARU), akses terhadap internet diprediksi akan melonjak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel selaku penyedia layanan internet melakukan optimalisasi layanan telekomunikasi.

“Seperti biasa, Telkomsel memastikan kenyamanan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan yang semakin meningkat pada momen Natal dan Tahun Baru dengan meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan,” kata Iskriono Windiarjanto, Direktur Network Telkomsel, saat meninjau kualitas jaringan di Tol Japek II, pada Jumat (20/12/2019).

Optimalisasi yang dilakukan disebut Iskriono meliputi penyediaan 82 unit Compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di titik dengan trafik komunikasi padat. Pengerahan BTS mobile ini disebut mampu menjangkau 533 titik terpadat di seluruh Indonesia.

“Selain itu, Telkomsel juga memastikan kesiapan infrastruktur jaringan 4G di sepanjang jalur tol Jakarta – Cikampek (Japek) Elevated dengan membangun 67 unit BTS dimana seluruhnya menggunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE) serta menambahkan kapasitas di 99 BTS 4G LTE,” tambah Iskriono.

Pada momen NARU ini, Telkomsel memprediksi trafik data akan mengalami peningkatan sebesar 26,34%. Prediksi tersebut berdasarkan aktifitas di media sosial, streaming video, atau streaming musik. Untuk streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 51% dibanding periode sebelumnya.

Saat ini, Telkomsel telah memiliki lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah tertinggal dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 77.000 unit merupakan BTS 4G.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories