Technologue.id, Jakarta – Robosen Robotics memperkenalkan robot yang bisa berubah layaknya Transformer hanya dengan perintah suara. Diberi nama T9, robot buatan China tersebut dirancang untuk meningkatkan minat anak dalam bidang pemrograman, robotika, dan kecerdasan buatan (AI).

Dilansir dari NewAtlas (13/1/2020), Memiliki kemampuan menerima perintah suara serta berjalan dengan dua kaki ketika menjadi robot dan melaju ketika menjadi mobil, T9 diklaim sebagai yang pertama di dunia. Robot ini juga bisa melakukan beberapa gerakan seperti menari.

Baca Juga:
20 Game PS4 Paling Populer di 2019

Untuk menarik minat anak pada dunia robotic, T9 dapat dianimasi menggunakan tiga platform pemrograman yaitu grafis manual, visual, dan 3D. Setelah pengguna membuat atau menyesuaikan gerakan animasi, gerakan tersebut dapat disimpan di memori robot yang berkapasitas cukup besar.

Pengguna yang belum menemukan ide atau belum mengerti caranya, dapat belajar coding melalui tutorial gratis secara online. Robosen menyediakan komunitas online yang menawarkan bantuan dan inspirasi, serta peluang kolaboratif.

Baca Juga:
Ini 10 Prediksi Tren Teknologi di 2020

Robot ini dirancang dengan bingkai alumunium, shell ABS dan polikarbonat serta dilengkapi dengan 23 chipset dan 22 motor servo yang bisa diprogram dengan algoritma AI untuk menggerakkannya. Ke 22 servo tersebut terletak di dada, tangan, kaki, dan roda penggerak.

Untuk ukurannya, T9 memiliki ukuran 65 x 163 x 340 mm dalam bentuk robot, dan 287 x 198 x 149 mm ketika menjadi mobil. Dibandrol dengan harga USD499 atau 6,9 juta, robot ini juga dilengkapi baterai 2.000 mAh.