Technologue.id, Jakarta – Mungkin, tak sedikit yang menilai Korea Utara adalah negara yang lucu. Bagaimana tidak, mereka begitu membatasi akses internet untuk warganya. Bahkan, jejaring sosal terpopuler di dunia saat ini, Facebook, diblokir di sana.

Namun, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu diketahui telah membuat situs duplikat dari Facebook. Website yang beralamat di starcon.net.kp tersebut dilaporkan Mashable.com (03/06/16) mengadopsi warna biru dan putih ala Facebook serta fitur semacam newsfeed, like, dan mengunggah status.

Belum lama hadir, lucunya situs itu dinyatakan telah di-hack. Pelakunya adalah seorang mahasiswa asal Skotlandia, yakni Andrew McKean. Remaja berusia 18 tahun itu pun tak butuh skill ala hacker kelas kakap untuk meretas starcon.net.kp, tetapi hanya menebak username dan password login situs tersebut, yakni ‘admin’ dan ‘password’.

Andrew pun mendapat kontrol penuh ke situs tersebut. Jadi jangan heran jika ia cukup iseng untuk mengganti nama situs menjadi ‘Best Korea’s Social Network’, menghapus beberapa user, atau menyensor beberapa kata.

Saat ini, starcon.net.kp belum bisa diakses. Belum diketahui apakah Andrew McKean masih punya kuasa atas situs tersebut.