Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pesan Larangan Warga DKI Jakarta Keluar Rumah Dipastikan Hoax
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kementerian Kominfo menyatakan pesan berantai yang tersebar lewat aplikasi WhatsApp terkait pelarangan warga DKI Jakarta keluar rumah menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki tidaklah benar. Hal ini dikatakan langsung oleh Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo. "Informasi itu tidak benar atau hoaks. Sebab, hingga saat ini tidak ada konten informasi seperti poin (1) yang dimuat lengkap dalam laman situs kominfo.go.id," ujar Ferdinandus dalam pernyataan tertulis pada Kamis (19/3/2020). Konten hoax tersebut diketahui berisi imbauan seluruh warga DKI Jakarta pada tanggal 19 Maret 2020 pukul 14.30 sampai dengan 22.00 wib dilarang untuk berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki. Hal ini dikarenakan akan ada penyemprotan disinfektan melalui udara yang dapat menyebabkan alergi pada kulit dan gangguan pernafasan.

Baca Juga: Makin Marak, Kominfo Identifikasi Ratusan Konten Hoax Terkait COVID-19

Pesan itu juga disertai tautan https://www.kominfo.go.id yang membuat seolah-olah pesan itu resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berikut isi pesan berantai tersebut: Informasi Untuk seluruh warga DKI JAKARTA Pada tanggal 19 Maret 2020 Pukul 14.30 s/d 22.00 wib, dilarang untuk berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan roda 2 (dua) dan berjalan kaki. Dikarenakan akan ada pencegahan CONVID-19 dengan penyemprotan Disinfektan dosis tingkat 1 melalui udara yang dapat alergi pada kulit dan gangguan pernafasan. Sebagai langkah ini kami pihak Pemerintah akan bekerja sama dengan kepolisian lalu lintas untung pengaturan kendaraan. JALAN YANG AKAN DISTERILSASI Jalan Jaksa Jalan Daan Mogot (Jakarta) Jalan Gajah Mada (Jakarta) Jalan Halim Perdanakusuma (Jakarta) Jalan Hayam Wuruk (Jakarta) Jalan HR Rasuna Said (Jakarta) Jalan Raya Pasar Minggu (Jakarta) Jalan Jelakeng Jalan Jenderal Ahmad Yani (Jakarta) Jalan Jenderal Gatot Subroto (Jakarta) Jalan Jenderal Sudirman (Jakarta) Jalan Laksamana Yos Sudarso (Jakarta) Jalan Letnan Jenderal MT Haryono (Jakarta) Jalan Letnan Jenderal S Parman (Jakarta) Jalan M. H. Thamrin Jalan Mayor Jenderal DI Panjaitan (Jakarta) Jalan Mayor Jenderal Sutoyo (Jakarta) Jalan Medan Merdeka (Jakarta) Jalan Pangeran Jayakarta Jalan Prapatan (Jakarta) Jalan Profesor Dokter Satrio (Jakarta) Jalan Raya Bogor Jalan Senen Raya (Jakarta) Jalan Sisingamangaraja (Jakarta) Jalur Jalan Raya Kota - Pondok Labu Jalan Kramat Raya (Jakarta) Jalan Salemba Raya (Jakarta) Jalan Veteran (Jakarta) Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim (Jakarta) MOHON MAAF APABILA AKTIVITAS TERGANGGU https://www.kominfo.go.id

Baca Juga: Berita Hoax Corona Makin Marak, Kominfo Giat Gali Konfirmasi

Kementerian Kominfo sendiri telah mengidentifikasi 267 hoaks berkaitan dengan Virus Corona yang tersebar di platform digital dan pesan instan. Kominfo mengimbau warganet dan seluruh warga Indonesia untuk selalu melakukan pengecekan ulang ke sumber terpercaya.

SHARE:

6 Rekomendasi Aplikasi Membaca Al-Quran dengan Mudah di Bulan Ramadan

7 Aplikasi Memasak untuk Sahur dan Berbuka Puasa di Bulan Ramadan