Technologue.id, Jakarta – Alibaba Cloud, tulang punggung Alibaba Group yang berfokus pada e-commerce dan fintech, pada Festival 11.11 lalu berhasil membantu pecahkan pencapaian-pencapaian baru Alibaba Group dengan teknologi dan infrastrukturnya. Tercatat sebanyak USD 1 miliar atau sekitar Rp14 Triliun berhasil didapatkan dalam waktu kurang dari satu menit, dan dalam waktu 24 jam, berhasil mengumpulkan USD 38,4 miliar berkat layanan komputasi awan ini.

Alibaba Group secara keseluruhan menggunakan teknologi dan infrastruktur dari Alibaba Cloud termasuk pada perayaan 11.11 yang sukses meraih 544.000 order perdetik.

Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia, mengatakan bahwa kedepannya akan ada beberapa cloud yang dibawa dari luar negeri ke Indonesia untuk memaksimalkan kinerja perusahaan.

“Dengan teknologi terbaik dan infrastruktur yang handal secara global, Alibaba Cloud siap membantu para startup dan perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mengingkatkan kemampuannya. Saat ini jumlah pengguna Alibaba Cloud mengalami peningkatan dan dari industri yang beragam. Tahun ini sudah banyak local talent yang di-hire. Untuk tahun depan, kami berencana menambah lagi local talent,” tutur Leon, pada konferensi persnya di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Menurut perusahaan riset teknologi informasi Gartner, Alibaba Cloud menjadi penyedia layanan cloud publik nomor satu di Asia Pasifik dan nomor tiga di dunia, dengan melayani 20 wilayah secara global dengan ketersediaan layanan di 61 zona.

Alibaba Cloud juga telah mendirikan pusat data di Indonesia dengan menggandeng mitra lokal untuk menyediakan berbagai solusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien diberbagai industri.