Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Peta Panas Ungkap Orang Masih Traveling Selama Wabah COVID-19
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Imbauan pemerintah agar warga berdiam diri di rumah di tengah pandemi wabah COVID-19 ternyata masih belum ditaati oleh segelintir orang. peta panas (heat map) baru-baru ini menunjukkan di Amerika Serikat (AS) masih ada orang yang bepergian dan bergerak selama pandemi virus corona. Peta panas dihasilkan oleh Tectonix berdasarkan data lokasi ponsel yang dikumpulkan X-Mode. Menurut X-Mode, mereka mengklaim, data ini telah dianonimkan. Artinya, data hanya menunjukkan di mana orang-orang pada umumnya.

Baca Juga: Google Luncurkan Situs Khusus Virus Corona

Tectonix kemudian mengambil data itu dan membuat peta. Mereka secara khusus mengasah perangkat yang terdeteksi bergerak antara 3 mil hingga 10 mil per jam, menunjukkan ini adalah orang-orang yang bergerak dengan sepeda atau skuter, seperti dihimpun dari Ubergizmo (27/3/2020). Meskipun cukup mengkhawatirkan melihat banyak orang masih keluar selama krisis, tapi data dapat membantu pihak berwenang lebih memahami bagaimana virus menyebar. Selama di Uni Eropa, para pejabat memiliki wewenang operator untuk menggunakan data lokasi guna membantu melacak penyebaran virus. Selain itu, data lokasi juga dapat membantu melacak kontak dan menjangkau mereka yang terinfeksi sebelum mereka menyebar lebih jauh lagi.

Baca Juga: JomRun Hadirkan Lomba Lari Virtual untuk Perangi Corona

Di Indonesia, pemerintah juga akan memanfaatkan aplikasi khusus untuk melacak penyebaran Covid-19. Rencananya aplikasi yang dapat diunduh lewat smartphone tersebut akan diluncurkan pekan depan.

SHARE:

Jangkau Nasabah Lebih Luas, Bank BTPN Akuisisi Perusahaan Pembiayaan Otomotif

Apple Bakal Gelar WWDC 2024, Ungkap iOS 18 hingga Teknologi AI