HomeGadgetBos Apple Sebut Android Jadi Sasaran Empuk Hacker

Bos Apple Sebut Android Jadi Sasaran Empuk Hacker

Technologue.id, Jakarta – Saling ejek antara Apple dan Android terus berlanjut. Yang terbaru datang dari Senior Vice President Apple, Craig Federighi.

Dalam sebuah kesempatan, Craig menyebut keunggulan sideloading yang ada di Android justru memberi celah kepada para penjahat siber.

Menurutnya, kemampuan menginstall aplikasi dalam format APK ke perangkat Android dari situs web selain Google Play Store itu sangat berisiko.

Baca Juga:

Apple Korbankan Komponen iPad untuk iPhone 13

“Sideloading adalah teman terbaik penjahat dunia maya,” ujar Craigh dalam Web Summit 2021, dikutip dari The Verge pada Jumat (5/11/2021).

“Mengizinkan sideloading sama saja membuka pintu untuk software jahat. Penjahat itu pintar dan mereka sangat pandai bersembunyi di depan mata,” terangnya.

Sideliading sendiri dapat dilakukan para pengguna Android dengan cara mengaktifkan “Unknown Sources” di pengaturan keamanan perangkat.

Baca Juga:

Pelacak Transparansi Aplikasi Apple Buat Rugi Media Sosial $10 Miliar

Inilah yang membuat tingkat infeksi malware di Android lebih tinggi dibanding iOS, di mana menurut Craigh sudah ada 5 juta serangan malware di Android.

Untuk iOS sendiri hingga saat ini tidak mengizinkan sideloading atau menginstall aplikasi di luar App Store di iPhone. Apple beralasan ini akan melindungi perangkat dari serangan virus berbahaya.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More