Petuah Pemerintah Soal Inovasi Kendaraan Listrik Grab

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Upaya Grab membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia mendapat respon positif dari pemerintah. Pasalnya, upaya ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Pepres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan oleh Grab, dan inisiatif ini sejalan dengan peraturan saat ini untuk mengembangkan industri kendaraan listrik serta mempercepat penggunaan moda transportasi ramah lingkungan di Indonesia.”

Baca Juga:
Grab Percepat Adopsi Kendaraan Listrik Indonesia

Respon positif juga disampaikan oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, yang menyambut aksi nyata dari startup ride hailing asal Malaysia itu dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

“Kami senang dengan inisiatif yang dilakukan oleh Grab dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik ditengah tengah komitmen pemerintah untuk mempercepat proses implementasi Revolusi Industri 4.0, yang juga ditujukan untuk pengembangan industri kendaraan listrik,” ujar Airlangga.

Meski menuai pujian dari berbagai kementerian, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dr. Hankam Riza, M.Sc. (IPU) mengingatkan kendaraan listrik ini nantinya jangan hanya menjadi sesuatu yang mengikuti tren, tetapi harus benar-benar kita bisa jadikan sebagai salah satu bentuk inovasi teknologi yang bisa merubah lifestyle kita semua.

Baca Juga:
Kolaborasi Grab dan PLN Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Atensi juga diberikan oleh Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional. Ia menyatakan Grab Indonesia jangan cepat berpuas diri dengan gebrakan meluncurkan mobil listrik.

“Kalau ibarat sekolah itu lulus masih dengan nilai tujuh puluhlah, tapi ya masih lebih baik dari nol. Ini tahapannya belum finish,” tutur Bambang.

Upaya grab membangun ekosistem kendaraan listrik tertuang dalam peluncuran Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik. Bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak terkait, upaya ini disebut mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia serta mewujudkan jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories