Pinebook, MacBook Linux Murah Meriah

Pinebook Si Macbook Murah (Source TechViral)

Technologue.id, Jakarta – MacBook jadi laptop dengan segudang keunggulan dari segi desain serta spesifikasi yang menggiurkan. Komputer jinjing besutan Apple itu sangat populer dan punya pasar pengguna fanatik yang cukup besar.

Tak ayal banyak yang ingin mempunyai laptop besutan asal Cupertino AS tersebut, dan vendor lain pun tidak ingin ketinggalan ingin menyaingi laptop Apple itu. Sebagai pesaing, kebanyakan penantan MacBook menawarkan harga yang jauh lebih murah.

Penantang MacBook yang paling baru bernama Pinebook. Laptop ini dibuat oleh gabungan perusahaan teknologi Linux benama Pine64. Mereka berinisiatif menciptakan laptop berharga murah menggunakan teknologi komputer single-board.

Pinebook membenamkan CPU berbasis 64-bit ARM, dilengkapi keyboard dan touchpad multi-touch serta memiliki desain ramping berdimensi 352mm x 233mm x 18mm dan sekaligus ringan berbobot hanya 1,2kg saja.

Mengenai spesifikasinya, Pinebook menggunakan prosesor ARM Cortex-A53 64-bit quad core dengan clock speed 1,2 GHz, disandingkan dengan grafis GPU Mali-400MP2, kemudian disokong oleh RAM sebesar 2GB dan penyimpanan memori sekitar 16GB yang dapat diperluas.

Pada laptop Pinebook tersedia beragam macam slot diantaranya, HDMI, jack audio, dan MicroSD yang mendukung hingga 256GB. Bermacam tipe kartu MicroSD mendukung seperti SD,SDHC, dan SDXC. Tersedia juga kamera yang beresolusi 1,2 megapiksel dan ditunjang oleh baterai berkapasitas 10.000 mAh.

Laptop Pinebook yang berjenis open source tersebut, tersedia dalam dua varian yaitu berjenis layar 11 inci dan 14 inci, masing-masing membenamkan layar IPS LCD 1280 x 720 piksel. Mengenai ketersediaan dan harga laptop Pinebook sementara dijual di pasar AS di situs Pine64 yakni harganya 11 inci Rp. 1,2jutaan dan 14 inci Rp. 1,3 jutaan.

Baca Juga:
Power bank buat laptop Asus ZenPower Max
Laptop baru Asus masuk Indonesia, dibanderol Rp 60 juta
Trik membuka Instagram Stories di laptop