Platform Startupberbagi Permudah UMKM Indonesia Pindah ke Digital

Peluncuran Platform Startupberbagi.com bagi UMKM Indonesia (Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Industri perusahaan rintisan alias startup sedang berkembang pesat di seantero jagat, termasuk Indonesia. Wajar kemudian bila banyak pihak berlomba-lomba mencoba masuk baik sebagai pemain maupun fasilitator dalam industri startup tanah air.

Misalnya Bank Mandiri melalui Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang melahirkan platform baru bernama startupberbagi.com. Platform itu menyediakan aplikasi buatan startup asal Indonesia secara gratis bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kartika Wirjoatmodjo selaku Direktur Utama Bank Mandiri menyebutkan saat ini terdapat sekitar 60 juta UMKM di Indonesia, dimana sebagian besar masih belum memanfaatkan keunggulan teknologi. Platform Startupberbagi sudah bisa diakses 100 ribu pelaku UMKM dan akan terus ditambahkan.

Pembangunan platform startupberbagi.com sendiri bertujuan untuk mendukung percepatan pengembangan bisnis usaha mikro, kecil dan menengah di Tanah Air, agar dapat berkembang dan bersaing, baik di ranah nasional maupun regional.

“Inisiatif ini juga sejalan dengan tren inovasi digital yang telah mengubah perilaku masyarakat dalam mendapatkan solusi atas permasalahan sehari-hari, termasuk pelaku UMKM. Dan kami pun menyadari bahwa inovasi digital merupakan salah satu solusi efektif untuk pengembangan bisnis UMKM,” kata Kartika.

Platform StartupBerbagi.com, lanjut Kartika, juga menjadi rangkaian dari program pembinaan kewirausahaa n berkelanjutan. Startupberbagi.com didesain agar perusahaan-perusahaan startup yang sudah menjalani pembinaan di Mandiri Inkubator Bisnis, dapat ikut serta mendukung UMKM melalui berbagai macam aplikasi bisnis dan keuangan.

Bagi UMKM yang belum Go Digital, Startupberbagi memfasilitasi para pelaku UMKM dengan memberikan layanan pembuatan website gratis melalui IDCloudHost.com. Fasilitas yang diberikan berupa pembuatan website dengan memberikan domain dan hosting secara gratis.

Selain itu, mengingat semakin tingginya pengguna mobile di Indonesia, Aplikasi Atom menjadi Solusi untuk UMKM yang Go digital memanfaatkan fasilitas pembuatan mobile Apps dengan mudah dan Cepat. Ada pula berbagai aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan UMKM dalam optimasi potensi bisnisnya.

Baca juga :
Startup Kazee Digandeng Lintasarta Sediakan Layanan Analisis Big Data
Kostoom, Habibi Garden, dan Juru Parkir Jawarai The NextDev 2016
Berburu Kamar Kosan Pakai Foto 360 di Aplikasi Mobile