Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Platform Wattpad Memberhentikan 15% Karyawan Akibat Dampak Ekonomi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Wattpad, platform menulis dan membaca cerita online, mengumumkan bahwa mereka telah memberhentikan 42 dari 267 orang karyawan mereka.

Ini adalah tindakan yang diambil perusahaan dalam merespons kondisi ekonomi yang menantang di seluruh dunia. Dalam sebuah posting blog, perusahaan menyatakan bahwa keputusan untuk memotong biaya ini berdampak pada semua divisinya.

Baca Juga:
Perkuat Webtoon, Naver Akuisisi Wattpad

Pemutusan hubungan kerja ini memberikan setidaknya 12 minggu pesangon dan enam bulan tunjangan lanjutan kepada karyawan yang pergi, serta memperbolehkan mereka untuk menyimpan perangkat seperti laptop yang diberikan oleh perusahaan. Namun, ini tetap menjadi keputusan yang sulit dan diperlukan untuk menjaga kelangsungan bisnis.

Presiden sementara perusahaan, KB Nam, mengatakan bahwa lingkungan ekonomi global telah berubah secara mendasar selama setahun terakhir dan tidak ada bisnis yang kebal terhadap perubahan tersebut.

Wattpad telah berusaha membatasi dampak lingkungan ekonomi yang berubah selama beberapa bulan terakhir, tetapi akhirnya perusahaan ini harus membuat keputusan yang sulit untuk mengurangi tenaga kerja.

Meskipun keputusan ini bukan cerminan dari kontribusi individu, Nam mengakui bahwa anggota tim yang di-PHK merupakan bagian penting dari pekerjaan mereka. Dia juga menegaskan bahwa semua orang di Wattpad telah memberikan dampak positif pada perusahaan mereka.

Pada tahun lalu, Wattpad mengalami perubahan kepemimpinan setelah Jeanne Lam mengundurkan diri sebagai CEO dan posisinya digantikan oleh KB Nam sebagai presiden sementara. Kemudian pada tahun 2021, perusahaan ini menjadi bagian dari perusahaan Korea Selatan, Naver, setelah diakuisisi senilai $600 juta.

Baca Juga:
Bisnis Hiburan Melempem, Disney PHK 7.000 Karyawan

Meskipun melakukan pemutusan hubungan kerja, Wattpad juga tetap melakukan beberapa inovasi. Pada bulan Juni tahun lalu, mereka memperkenalkan program kreator baru yang dapat membayar penulis hingga $25.000.

Selain itu, mereka juga meluncurkan metrik pengukuran baru yang disebut "Pembaca Terlibat" untuk membantu penulis dalam meningkatkan kualitas dan interaksi pembaca terhadap karya mereka.

Dalam kondisi ekonomi yang tidak pasti, keputusan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja dapat menjadi pilihan sulit bagi perusahaan. Namun, dengan melakukan langkah ini, Wattpad dapat memastikan kelangsungan bisnis dan tetap berinovasi dalam memberikan layanan terbaik untuk para penggunanya. Semoga Wattpad dapat terus bertahan dan berkembang di masa yang akan datang.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya