Ponsel Android Jadul Tak Bisa Akses Website Aman Tahun 2021

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Ponsel dengan sistem operasi Android di bawah versi 7.11 Nougat terancam tidak bisa mengakses situs web yang aman di tahun 2021. Ini lantaran Let’s Encrypt tak lagi memberikan dukungannya.

Let’s Encrypt sendiri merupakan salah satu otoritas sertifikat terbesar di dunia. Sebanyak 30% serifikat dari semua domain web atau sekitar 192 juta situs web dipegang olehnya.

Baca Juga:

Gokil, China Bersiap Hadirkan 6G


Let’s Encrypt berencana menghentikan dukungan sertifikat bernama DST Root X3 per tanggal 11 Januari 2021. Dengan begitu ponsel jadul tidak akan mampu lagi mengakses sebagian webaite dengan aman.

“Beberapa perangkat lunak yang belum diperbarui sejak 2016 (kira-kira saat root kami diterima di banyak program root) masih tidak mempercayai sertifikat root kami, ISRG Root X1,” kata Let’s Encrypt dioansir dari Android Police, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga:

Tips Tangkal Kebocoran Data Bagi Perusahaan


“Terutama, ini termasuk versi Android sebelum 7.1.1. Artinya, versi lama Android tersebut tidak lagi mempercayai sertifikat yang diterbitkan oleh kami,” tambahnya.

Diberhentikannya dukungan Let’s Encrypt menjadikan Firefox sebagai satu-satunya solusi untuk mereka yang tidak bisa beralih ke sistem android yamg lebih tinggi. Sebab Firefox menggunakan penyimpanan sendiri yang menyertakan root Let’s Encrypt.

Meski begitu, ini tidak akan mencegah aplikasi rusak atau memastikan fungsionalitas di luar peramban.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories