Technologue.id, Jakarta – Oppo memperbarui lini smartphone baru mereka untuk pasar Indonesia. Oppo merilis ponsel baru di lini K series, yakni Oppo K3.

Oppo K3 bakal jadi senjata baru pabrikan asal China tersebut, karena smartphone menengah ini dilengkapi spesifikasi menarik. Saluran penjualannya pun hanya tersedia secara daring melalui platform e-commerce.

“(Oppo) K3 adalah perangkat yang khusus dijual secara online. Tidak semua negara diizinkan oleh pusat untuk menjual K3. Negara yang diizinkan adalah India, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Jadi, posisi Oppo K3 di Indonesia sangat spesial sekali karena akhirnya kita dipercaya oleh HQ untuk menjual perangkat ini,” tutur Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, kala meresmikan kehadiran Oppo K3, yang bertempat di kantor Lazada Indonesia, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dijelaskan Aryo, persetujuan kantor pusat Oppo di China untuk menjual smartphone pertama dari seri K yang masuk ke Indonesia ini didorong oleh respon penjualan Oppo F11 Special Online Edition yang dinilai berjalan positif.

“Kepercayaan tersebut karena adanya nilai penjualan Oppo F11 Special Online Edition yang sangat baik maka dari itu pusat mempertimbangkan bahwa perangkat ini bisa dijual di Indonesia. Keempat negara semuanya memasarkan K3 melalui e-commerce,” ujarnya.

Oppo K3 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dari sisi layar, Oppo K3 mengusung panel OLED Panoramic berukuran 6,5 inci beresolusi 1.080 x 2.340 piksel. Layar berjenis OLED ini diklaim sangat tipis namun bisa menawarkan fitur mumpuni, salah satunya in-display fingerprint atau sensor sidik jari di dalam layar.

“Fitur in-display fingerprint tentu menjadi salah satu nilai tambah. Mungkin banyak smartphone di range harga yang sama tapi masih pakai fingerprint di body bagian belakang,” ucap Aryo.

Selain itu layar OLED juga mendukung pengalaman Touch Boost lebih baik.

Tampak belakang Oppo K3 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Di bagian belakang, tampak modul kamera ganda yang berjajar vertikal. Penempatan dua buah sensor kamera ini menyerupai desain kamera pada Oppo Reno Series. Menurut Aryo, penempatan kamera smartphone besutan Oppo di waktu mendatang juga akan mengacu desain seperti demikian. Begitu pula logonya.

Bicara dapur pacu, spesifikasi Oppo K3 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 710 dengan fabrikasi 10 nm dan dipadukan dengan GPU Adreno 616.

Kamera selfie pop-up K3 beresolusi 16 megapiksel, sementara kamera ganda di belakang masing-masing beresolusi 16 megapiksel dan 2 megapiksel.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya hanya tersedia satu pilihan yaitu RAM 6 GB dan memori internal 64 GB.

Selain itu, ponsel terbaru ini punya baterai 3.765 mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 dan colokan USB-C.

Untuk software, sudah dibekali sistem operasi Android 9 Pie dan ColorOS 6.

Oppo K3 akan tersedia dalam dua pilihan warna yakni Jet Black dan Pearl White. Perusahaan mematok harga smartphone ini yaitu Rp 3,599,000.

Perangkat ini akan dijual secara eksklusif di Lazada mulai esok, 8 Agustus 2019 pukul 12.30WIB. Ada penawaran menarik berupa kartu perdana Smartfren dan headset Sennheiser CX213 untuk 500 pembeli pertama.