Technologue.id, Jakarta – Sampai hari ini, masih ada pengguna komputer yang enggan untuk melakukan pembaharuan sistem operasi dari Windows 7 ke yang lebih baru, seperti Windows 10. Walaupun begitu, kejayaan Windows 7 kini sudah berhasil digantikan oleh Windows 10.

Mengutip dari TheVerge (02/01/19), sebuah perusahaan data analitik, Net Applications baru saja merilis laporan terbarunya terkait dengan pangsa pasar sistem operasi Windows untuk periode Desember 2018. Dan hasilnya, kini pengguna Windows 10 sudah berhasil melebihi Windows 7.

Baca Juga:
2019, Microsoft Hadirkan Webcam untuk Xbox dan Windows

Lebih detailnya, Net Applications mencatat bahwa pangsa pasar Windows 10 berhasil sedikit unggul dengan porsi 39,22 persen. Sementara Windows 7, porsinya hanya 36,9 persen. Meski terpaut kecil, hal tersebut adalah sebuah prestasi bagi Microsoft, sebab perolehan itu baru bisa dicapai sekitar tiga tahun lebih sejak Windows 10 dirilis.

Baca Juga:
Microsoft Edge Rasa Chrome Bakal Sambangi macOS, Windows 7, dan 8

Saat ini, Windows 10 sudah digunakan oleh lebih dari 700 juta perangkat di dunia, termasuk tablet, PC, smartphone, dan Xbox One. Sementara untuk mendorong penetrasi Windows 10, Microsoft beberapa tahun terakhir sempat menyediakan pembaharuan gratis terhadap pengguna yang masih setia dengan Windows 7.

Peningkatan pangsa pasar terhadap Windows 10 sendiri terbilang sangat penting bagi Microsoft. Sebab, mereka sudah berencana untuk menghentikan dukungan terhadap para pengguna Windows 7 pada 14 Januari 2020 mendatang. Ini artinya, setelah itu, sistem operasi tersebut tak lagi mendapatkan pembaharuan sama sekali, termasuk penambal celah keamanan.