Pose Peace Waktu Selfie Ternyata Membahayakan

Ilustrasi foto selfie pose peace (source : SCMP)

Technologue.id, Jakarta – Pose mengacungkan dua jari atau peace jadi gaya andalan bagi sebagian orang baik dalam berfoto bersama atau foto selfie. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pose dengan mengacungkan dua jari tersebut berpotensi menimbulkan pencurian data.

Bagaimana bisa seperti itu? Peneliti dari National Institute of Informatics (NII) mengumumkan hasil penelitiannya bahwa kerentanan bisa terungkap hanya karena foto selfie dengan pose mengacungkan dua jari.

Peneliti dari Jepang itu menyatakan teknologi reknognisi sidik jari saat ini sudah banyak dipakai untuk menverifikasi data seseorang. Bahkan, pemindai sidik jari seakan telah menjadi fitur wajib di berbagai perangkat mobile terkini yang beredar di pasaran.

Tak sedikit pula layanan pembayaran digital memadukan antara teknologi near field communications (NFC) dengan sidik jari untuk memverifikasi identitas penggunanya. Jadi, hanya dengan menempel sidik jari transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan tanpa perlu pin atau password lagi.

Bahaya tersebut muncul ketika kebanyakan orang mengunggah foto selfie mereka dengan pose peace ke sosial media. Kemampuan kamera berkualitas tinggi meningkatkan resiko bocornya informasi personal ke publik tanpa disadari pemilik foto.

Seperti dilansir Antara, para peneliti dari NII menunjukkan kemampuan mereka mengkopi sidik jari berdasarkan foto yang dijepret dengan kamera digital sejauh tiga meter dari objek foto. “Hanya dengan menunjukkan tanda peace saat foto, sidik jari sangat mudah tersebar,” kata Isao Echizen, Peneliti NII.

Celakanya, tambah Isao, pencurian identitas berupa sidik jari tak lagi memerlukan teknologi canggih. NII mengaku mereka mengembangkan film transparan mengandung titanium oksida yang bisa ditempelkan di jari untuk menyembunyikan sidik jari asli dan berhasil dipakai membuka identitas seseorang hasil curian lewat foto selfie. Wow, bahaya juga ya.

Baca juga :
Jangan Sampai Lolos! Ponsel Dual-Camera Pertama Asus Masuki Indonesia!

Asus ZenFone 3 Zoom Punya Kamera Ganda dan Baterai Jumbo!

Asus Siapkan Komputer Berbasis Intel Kaby Lake