AppsPPN Naik Jadi 11%, Segini Harga Aplikasi dan Game di Play Store...

PPN Naik Jadi 11%, Segini Harga Aplikasi dan Game di Play Store Indonesia Sekarang

Technologue.id, Jakarta – Pemerintah resmi naikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) naik 1%, yaitu dari 10% jadi 11% mulai 1 April 2022 lalu. Hal ini tentunya berdampak pada harga penjualan berbagai barang dan jasa yang dijual di Indonesia, termasuk layanan berbayar yang ada di toko aplikasi mobile Android, Google Play Store di seluruh Indonesia.

Dalam laman resminya, pihak Google menjelaskan bahwa seluruh penjualan (in-app purchase) yang ada di Play Store, termasuk pembelian aplikasi, game, film, buku, dan lain sebagainya bakal dikenakan tarif PPN yang berlaku di negara masing-masing. Toko aplikasi Play Store di wilayah Indonesia tampaknya sudah terapkan tarif PPN terbaru dengan besaran 11%.

Baca Juga:
Daftar Harga Diamond Mobile Legends, Free Fire, dan Lain-Lain Setelah PPN Naik Jadi 11%

Contohnya seperti yang ada di layanan permium “Pass Royale” di game buatan Supercell, yaitu Clash Royale, pemain harus bayar sebesar Rp87.690. Angka tersebut berasal dari harga dasar layanan berlangganan yang bernilai Rp79.000 ditambah dengan PPN 11% dari harga tersebut yang tercatat di angka Rp8.690.

Padahal pada bulan Maret ketika tarif PPN masih 10%, pengguna cuma perlu bayar Rp 86.900 untuk layanan yang sama, di mana rinciannya terdiri dari Rp 79.000 yang berupa harga layanan dasar dan Rp 7.900 dari PPN 10%.

Selain game, pembelian film di Play Store juga bakal dikenakan PPN 11%.  Seperti film Avengers: End Game versi HD, misalnya, pengguna harus bayar sebesar Rp140.970. Harga tersebut berasal dari harga dasar film itu yang bernilai Rp127.000, yang ditambahkan dengan PPN 11% dari harga dasar yang bernilai Rp13.970.

Untuk pembelian buku sendiri, harga yang ditampilkan Google di Play Store sepertinya sudah termasuk PPN 11%. Nantinya, rincian harga dasar dari buku tersebut, termasuk potongan pajaknya bakal ditampilkan secara terpisah lewat faktur pembayaran (invoice) yang dikirimkan lewat email.

Naiknya tarif PPN jadi 11% per 1 April 2022 bikin harga aplikasi, game, film, buku, dan lain sebagainya di toko aplikasi Play Store kini jadi sedikit lebih mahal dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Related articles

Google Hapus Ratusan Ribu Aplikasi Jadul di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Google bakal hapus aplikasi jadul yang ada di...

Google I/O 2022 Umumkan Pixel 7, Pixel Buds Pro, dan Pixel Watch

Technologue.id, Jakarta - Konferensi pengembangan tahunan I/O 2022 Google...

Perubahan Halus Android 13 Beta 2 di Berbagai Animasi Sistem

Technologue.id, Jakarta - Google telah menggelar konferensi pengembangan tahunan,...

Cara Gabungkan Dua Emoji di Google GBoard

Technologue.id, Jakarta - Google sedang menyiapkan beberapa stiker baru...

Google Perkenalkan Fitur SOS Darurat di Wear OS

Technologue.id, Jakarta - Google akan segera meluncurkan fitur SOS...