Technologue

Program Khusus Ramadan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Technologue.id, Jakarta – Facebook membuat sejumlah program khusus untuk menemani kegiatan Ramadan 2021 selama di rumah.

Facebook mengadakan berbagai aktivitas dan program selama bulan Ramadan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna individu dan UMKM agar tetap bisa saling berinteraksi secara virtual. Lewat kampanye “Bulan Kebaikan”, perusahaan media sosial itu menghadirkan tiga program utama meliputi Jelajah Kebaikan, Inspirasi Kebaikan, dan Ekspresi Kebaikan.

Baca Juga:
Facebook Kembangkan Instagram for Kids

Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia, menjelaskan bahwa mulai dari hari pertama bulan Ramadan nanti, akan banyak cara dan ide yang akan dihadirkan agar setiap orang bisa menjelajahi, menginspirasi, dan mengekspresikan kebaikan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Dengan semangat bulan Ramadan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp meluncurkan kampanye Bulan Kebaikan guna memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami,” ujar Pieter dalam konferensi pers daring, Kamis (8/4/2021).

Beberapa ide menarik telah disiapkan untuk memulai rangkaian kebaikan beruntun ini. Dijelaskan Pieter, mulai dari membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat dibagikan kepada kurir pengantar makanannya, hingga membangun silaturahmi kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu.

Selain itu platform Instagram juga mengadakan sesi khusus Ngabuburit virtual yang melibatkan gamer dan komunitasnya. Sesi bernama Ramabar ini berisi siaran langsung main bareng berbagai macam game (salah satunya Free Fire) sampai buka puasa bareng yang disertai kultum. Ramabar ini dapat diikuti oleh semua orang di Indonesia tiga kali seminggu melalui halaman Facebook resmi dari Arkaw, LoeKeren, dan ZAN.

“Mengapa kita mengadakan Ramabar untuk gamer? Karena komunitas gamer itu penting bagi Facebook. Selain itu mereka juga banyak kisah inspiratif yang bisa dibagikan,” tandas Pieter.

Sementara itu, dalam program Ramadan tahun ini, WhatsApp fokus menyasar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lewat program Pasar Juwara.

Layanan WhatsApp Business ini mendorong para pedagang di pasar tradisional di sejumlah wilayah Indonesia agar tetap aktif selama bulan Puasa. Caranya tentu melalui penjualan online.

Baca Juga:
Sempat Down, Kini Instagram, WhatsApp, dan Facebook Telah Pulih

Dijelaskan Esther Samboh, Manager Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, menfasilitasi pedagang tradisional untuk melayani pembelian melalui pesan WhatsApp.

“WhatsApp mencari cara bagaimana agar masyarakat tetap di rumah namun di sisi lain pedagang tetap aktif berjualan. Sekarang kita bisa belanja kebutuhan, misalnya makanan di pasar, tapi pakai WhatsApp,” tutur Esther.

Dalam mendukung program ini, platform messaging terbesar ini menggandeng sekitar 1.050 pedagang pasar tradisional. Pedagang go digital tersebut berasal dari 45 pasar tradisional di 20 kota yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

Tidak ketinggalan, Facebook juga meluncurkan stiker bertema Ramadan di seluruh platform digital miliknya.