Technologue.id, Jakarta – Kepercayaan diri Spotify dalam mengarungi industri music streaming bertambah. Secara resmi, belum lama ini mereka mengumumkan sudah menjaring lebih dari 100 juta pendengar aktif per bulan. Menariknya, rata-rata pertumbuhan pengguna mereka tiap bulan juga lumayan tinggi, yakni 1,8 juta.

Sayang, situasi ini tak menguntungkan Spotify sepenuhnya. Mengutip AndroidCommunity (26/6/16), cuma 30 persen dari total pendengar Spotify yang mau membayar biaya langganan. Sekitar 70 juta lainnya masih setia memakai versi gratisan dan terbatas dari aplikasi asal Swedia itu.

Keadaan ini bukan tidak mungkin berdampak buruk bagi Spotify. Dengan kompetitor yang cukup kuat dan tak sedikit, seperti Apple Music, JOOX, dan lain-lain, mereka perlu lebih banyak mengonversi premium user demi mengisi pundi uang perusahaan.

Plus, harga lisensi dan royalti yang mereka bayarkan ke pihak musisi juga tak murah. Apalagi kerugian Spotify sebelumnya terpantau sudah naik 10 persen.

- Advertisement -

Dalam jangka panjang, gagalnya konversi pengguna gratisan ke berbayar juga bisa berdampak pada turunnya kepercayaan dari label musik pada perusahaan pimpinan Daniel Ek tersebut.