Technologue.id, Jakarta – “Mark, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk beralih dari 1 miliar ke 2 miliar [pengguna]?” tanya seorang pengguna Facebook, Jorge Cueto, pada kreator wadah virtual terpopuler sejagat itu. Selang beberapa saat kemudian, Mark Zuckerberg membalas, “Kami mencapai 1 miliar pengguna di bulan Oktober 2012, jadi [kalau dibandingkan dengan sekarang] kurang dari lima tahun saja.”

Ya, komentar bapak satu orang anak itu terlontar pasca Facebook sampai di titik pencapaian baru dalam sejarahnya. 13 tahun sudah beroperasi, Facebook Inc. makin menegaskan posisinya sebagai media sosial yang paling banyak digunakan penduduk Bumi.

“Hari ini (28/06/17), kami mencapai tonggak sejarah baru: kini terdapat dua miliar orang yang terhubung dan membangun komunitas di Facebook setiap bulan,” begitu pernyataan resmi Facebook pada Technologue.id via pernyataan tertulis (28/06/17).

Sebagai tambahan, user media sosial yang bermarkas di Menlo Park itu ternyata juga amat aktif. Buktinya, ada lebih dari 1 miliar orang menggunakan Grup setiap bulannya dan lebih dari 800 juta orang menyukai sesuatu di Facebook setiap harinya.

Dalam rangka merayakan capaian ini, Facebook menggenapi komitmennya untuk menjadi platform yang lebih dari sekadar medium komunikasi dengan menyediakan sejumlah pengalaman baru. Satu yang paling menarik bagi redaksi adalah dengan berterima kasih pada penggunanya yang senang ketika melihat orang lain senang.

Apresiasi Facebook pada penggunanya yang mengapresiasi pengguna lain (source: Facebook)

Ya, kini setelah Anda memberikan tanda hati pada postingan teman Anda, mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang-orang terdekat Anda melalui Facebook, atau membuat sebuah grup, Anda akan melihat sebuah pesan di News Feed sebagai ucapan terima kasih. Walaupun sederhana, rasanya sikap Facebook ini bisa diartikan sebagai apresiasi mereka pada penggunanya.

Adapun dua experience lain yang dihadirkan Facebook bersamaan dengan ucapan terima kasih ini, yakni meluncurkan video personal bagi tiap user yang turut merayakan prestasi Facebook ini dengan mengunjungi link facebook.com/goodaddsup serta bebagi cerita inspirasi dalam menggunakan Facebook untuk terhubung dengan orang lain dan berkontribusi untuk dunia yang lebih baik.

 

Baca juga:

Facebook Bikin Aplikasi Khusus untuk Kreator Video

Video Call Via Facebook Messenger Kini Bisa Pakai Filter dan Topeng!

Facebook Siapkan Cara Jitu untuk Hentikan Pencurian Foto Profil