Punya Parkiran Lebih Luas dari Kantornya, Apple Tuai Protes

Sedikit Lagi Vendor China Ini Akan Jungkalkan Apple
Ilustrasi Apple (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Bulan ini, warga Apple akhirnya akan pindah ke Apple Park yang jauh lebih lega. Markas baru yang bentuknya seperti piring terbang tersebut sangat luas, terbukti dari kapasitas tampungnya yang mencapai 14 ribu pegawai dan fasilitas parkir untuk 11 ribu kendaraan.

Melansir BusinessInsider (09/04/17), bangunan Apple Campus ini memiliki lahan parkir yang lebih luas dibanding luas gedung untuk bekerja. Bagaimana tidak? Untuk menampung 14.000 pekerjanya, Apple hanya menghabiskan 318,000 m². Angka itu sudah termasuk laboratorium dan ruang bekerja para karyawan. Sementara untuk lahan parkir, Apple menghabiskan sekitar 325.000 m².

Fakta bahwa Apple membangun lahan parkir yang lebih luas daripada ruang kerjanya sendiri ini terbilang cukup mengejutkan. TheEconomist pun melayangkan protes terhadap Tim Cook cs atas keputusan ini sekaligus menyarankan agar Apple menganalisis dulu kebutuhannya akan lahan parkir. Menurut TheEconomist, asalkan lahan parkir sudah cukup untuk menampung kendaraan, maka syaratnya sudah terpenuhi, jadi tak perlu dibuat terlalu luas.

Di sisi lain, mendirikan lahan parkir luas tak berarti membuat Apple mendukung karyawannya untuk menjadi konsumtif dan melupakan kendaraan umum. Apple malah mempunyai program untuk memberi tumpangan gratis bagi 1000 karyawannya demi mengurangi kepadatan di jalan raya.

Di Apple Park, para pekerja juga mendapatkan fasilitas sepeda gratis untuk memudahkan mobilisasi mereka di area kampus. Bahkan nantinya, akan disediakan rute transit baru di area tersebut agar lebih mudah diakses oleh bus.

 

Baca juga:

Ini Bukti Apple Tetap Tangguh di Tengah Gempuran Android dan Windows

Kantong Netflix Makin Tebal Gara-Gara Pengguna Apple

Apple Rilis iOS Versi 10.3.1, Apa Fitur Barunya?