Technologue.id, Jakarta – Beberapa tahun belakangan, persaingan bisnis antara Samsung dan Apple terus memanas, terlebih soal hak paten smartphone dan jumlah penjualannya. Namun di sisi lain, perlahan-lahan keduanya sudah mulai disalip oleh sejumlah pemain smartphone dari negeri tirai bambu.

GSMArena (28/04/17) mengabarkan bahwa IDC baru saja merilis laporan tentang jumlah pengiriman smartphone secara global untuk periode kuartal pertama tahun 2017.

Berdasarkan data yang diperolehnya, pertumbuhan pengiriman smartphone Samsung dan Apple dari tahun ke tahun terlihat datar-datar saja atau dengan kata lain, jumlahnya tidak ada peningkatan yang berarti.

Sementara itu, sejumlah produsen gadget asal Tiongkok justru berhasil mengejar angka pertumbuhan yang tinggi jika dibandingkan Samsung dan Apple, mereka adalah Huawei, Oppo, dan Vivo.

Huawei berhasil meningkatkan angka penjualan smartphonenya dari 28,1 juta unit pada kuartal pertama 2016 menjadi 34,2 juta pada kuartal pertama 2017 ini sehingga angka pertumbuhan dari tahun ke tahunnya menjadi 21,7 persen.

Sedangkan Oppo berhasil mengirimkan 19,7 juta unit pada kuartal pertama 2016 dan meningkat menjadi 25,6 juta pada tiga bulan terakhir. Ini membuat persentase pertumbuhan dari tahun ke tahunnya menjadi 29,8 persen.

Untuk periode yang sama, Vivo tercatat mampu menjual 18,1 juta pada tahun lalu dan 14,6 pada kuartal pertama 2017 ini. Pertumbuhan dari tahun ke tahunnya pun menjadi 23,6 persen.

 

Baca juga:

Apple Bakal Jiplak Samsung Galaxy S8?

Di Negeri Paman Sam, Apple Masih Lebih Unggul Ketimbang Samsung

Kata Siapa Smartphone Samsung dan Apple Masih Populer? Ini Buktinya!