Q3 2019: Apple AirPods Berhasil Dongkrak Pasar Wearable

Technologue.id, Jakarta – Meski posisinya hingga saat ini masih sebagai pelengkap, popularitas perangkat wearable ternyata terus meningkat. Dan tren tersebut terlihat sepanjang kuartal ketiga tahun 2019 kemarin. Salah satu pendongkraknya adalah AirPods buatan Apple.

Baca Juga:
Dibanderol Rp3 Jutaan, Apa Sih Keunggulan AirPods Pro?

Mengutip dari GSMArena (10/12/19), salah satu perusahaan riset pasar, IDC baru-baru ini sudah merilis laporan terbarunya tentang peningkatkan popularitas dari perangkat konsumer, khususnya di bidang teknologi.

Berdasarkan laporan tersebut, pada periode kuartal ketiga tahun 2019 ini, industri wearable mengalami peningkatan pertumbuhan hingga 94,6 persen jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. Dan kontribusi tertinggi adalah dari sub-kategori ‘hearable’, atau perangkat wearable berbasis audio seperti headset wireless.

Data IDC: Perangkat Wearable Q3 2019 (Sumber: GSMArena.com)
Data IDC: Perangkat Wearable Q3 2019 (Sumber: GSMArena.com)

Hearable menjadi salah satu perangkat yang mudah dibawa-bawa. Banyaknya vendor smartphone yang mulai menanggalkan jack audio 3,5 mm, membuat banyak pengguna beralih ke headphone wireless. Dengan semakin banyak yang menggunakan, harga jualnya pun turun secara signifikan”, kata Tamon T. Llamas, Research Director IDC Wearables.

Baca Juga:
Huawei FreeBuds 3 Siap Saingi AirPods

Dalam wearable, IDC mencatat bahwa Apple berhasil menduduki posisi pertama dengan jumlah penjualan 29,5 juta unit untuk periode kuartal ketiga 2019. Padahal, diperiode yang sama pada tahun 2018 lalu. Apple hanya berhasil menjual 10 juta unit. Atau dengan kata lain, pertumbuhan dari tahun ke tahunnya mencapai 195,5 persen. Dengan begitu, Apple memperoleh pangsa pasar 35 persen.

Sementara posisi kedua ditempati oleh Xiaomi dengan angka penjualan 12,4 juta unit. Setelah itu, ada Samsung dengan angka penjualan 8,3 juta unit. Dengan begitu, keduanya masing-masing mendapatkan pangsa pasar sebesar 14,6 persen dan 9,8 persen.

Recent Articles

Mode 90 FPS PUBG Mobile Eksklusif Hadir di OnePlus

Technologue.id, Jakarta - OnePlus bekerja sama dengan PUBG Mobile untuk tawarkan pemilik OnePlus mode 90 FPS dalam game battle royale yang populer....

35 Tahun Jualan Laptop, Toshiba Putuskan Berhenti

Technologue.id, Jakarta - Toshiba akhirnya memutuskan untuk berhenti memproduksi seri laptop setelah 35 tahun menggeluti bisnis ini. Hal ini ditandai dengan dialihkannya...

Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

Technologue.id, Jakarta - Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh...

Musim Sepeda, Xiaomi Luncurkan Sepeda Listrik Berkecepatan 25km/jam

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya menghadirkan Qicyle R1 dengan harga selangit yakni Rp 44 jutaan, Xiaomi kini meluncurkan produk sepeda yang lebih...

Fitur Perangsang Produktivitas di Galaxy Note20

Technologue.id, Jakarta - Generasi terbaru Samsung Galaxy Note resmi meluncur pada 5 Agustus lalu lewat gelaran Galaxy Unpacked. Adalah Galaxy Note20 dan...

Related Stories