Technologue.id, Bali – Menonton TV kerap kali menjadi ajang perebutan dan tak jarang malah memicu pertengkaran di rumah. Padahal keberadaan TV seharusnya memberi nuansa harmonis karena bisa mengumpulkan anggota keluarga dan saling bercanda ria.

Pertengkaran ini, selain karena channel yang sering diganti-ganti, juga timbul dari perebutan posisi duduk di tengah. Kestrategisan dan kemewahan posisi tengah ini sendiri muncul karena pada TV konvensional, kualitas gambar terbaik hanyalah jika dipandang dari posisi tersebut.

Maka dari itu, tak heran jika Samsung memutuskan untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi yang sekilas terlihat sepele, tapi bermakna banyak bagi dunia pertelevisian. Adapun nama teknologi yang berhasil dikembangkan oleh Samsung Elektronik pada QLED TV ini bernama Q Viewing Angle.

Perbedaan QLED TV dan TV biasa (source: Samsung)

Teknologi Q Viewing Angle bisa membuat warna dan semua unsur yang muncul di layar QLED TV Anda terlihat sama meski dipandang dari sisi kiri, kanan, atas, dan bawah. Teknologi pertama di dunia ini bisa dibilang merupakan sebuah penegakan “keadilan” yang sangat berguna. Sebab jika Anda tengah melakukan sebuah presentasi, audience Anda di bagian samping tetap bisa mendapatkan porsi materi yang meski tak terlalu bagus sudut pandangnya, tapi kontennya tetap sama sehingga bisa mengurangi kesalahpahaman informasi.

“Penempatan TV seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi saya ketika merancang interior sebuah ruangan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan ruang, segala perangkat penunjang dan kabel yang tidak bisa dipindah terlalu jauh. Oleh karena itu, inovasi ‘invisible connection’ dari Samsung ini sangat tepat dan dapat langsung diaplikasikan pada kebutuhan interior rumah apa pun,” tutur Iwan Sastrawiguna, Desainer Interior.

Hari ini (16/05/17), Samsung Electronics Indonesia telah meresmikan tiga produk QLED TV. Ukurannya beragam, dari 55, 65, 75, hingga 88 inci. Pun dengan harganya, yang termurah adalah Rp32.999.000. Sedangkan yang terbesar dan termahal mencapai Rp225.999.000.

 

Baca juga:

Seperti Apa Riwayat Hidup Samsung QLED TV yang Baru Lahir?

Samsung Soundbar Sound+, Speaker “Aesthetic” Masa Kini

Samsung 4K Blu-ray Player Bikin Anda Serasa Shooting Bareng Artis Idola!