Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Qlue Pangkas Karyawan Demi Kejar Efisiensi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Beberapa waktu lalu, heboh perusahaan e-commerce Bukalapak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada ratusan karyawan dengan alasan efisiensi. Langkah ini ternyata turut ditempuh oleh platform ekosistem smart city, Qlue, untuk terus tumbuh sebagai startup berkelanjutan dalam jangka panjang. "Fokus untuk pembenahan sistem internal dan operasional terus dilakukan. Kita coba fokus untuk cost efficiency. Dari tadinya karyawan over 100 orang, akhirnya sekarang jumlah karyawan in total 80 orang, dan sudah termasuk engineer-engineer kita yang on site," kata Maya Arvini, Chief Commercial Officer Qlue, di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Baca Juga: Berjaya di 2019, Ini Capaian dan Rencana Bisnis Qlue

Perombakan manajemen internal Qlue ini tidak hanya melakukan perampingan dari sisi jumlah karyawan namun juga merekrut talenta-talenta baru yang bisa diandalkan sesuai bidangnya. "Kita banyak merekrut orang-orang yang memang sangat kompeten di bidang teknologi, sales, dan business development. Di beberapa distrik atau tempat tertentu kita juga taruh engineer on site. Jadi tidak perlu kita terbangkan engineer ke suatu tempat setiap minggu," tutur Maya. Setelah melakukan pembenahan, Qlue pun sukses mencatat pertumbuhan bisnis yang luar biasa dengan meningkatnya pendapatan perusahaan di atas 50% dengan jumlah klien yang meningkat 89% menjadi 85 klien yang terdiri dari instansi pemerintah dan swasta. Tahun 2020, Qlue fokus untuk terus melakukan ekspansi di sektor swasta, dengan meningkatkan target 60% dari sektor swasta dan 40% dari instansi pemerintah. Qlue menargetkan akan melakukan implementasi di lebih dari 100 kota di Indonesia, dan di lima kota di Asia dan Eropa. "Perombakan dan perampingan sistem ini dilakukan karena dibilang kami ini masih kecil. Kita saat ini sedang growth stage dan secara bisnis kita juga double digit growth, jadi hal ini harus dilakukan dari sekarang. Karena kalau nanti keburu besar, ribet gimana benerinnya," tandasnya.

Baca Juga: Qlue Segera Luncurkan Solusi Pengelolaan Polusi Udara

Maya mengatakan ekspansi bisnis di dalam dan luar negeri yang dilakukan oleh Qlue didukung oleh performa tim pengembangan bisnis yang melakukan penjualan secara langsung dan dibantu oleh mitra bisnis yang memiliki kesamaan visi dengan Qlue, mulai dari system integrator, penyedia platform dan perangkat keras, hingga firma konsultan. “Kami merasa bersemangat karena telah berhasil menutup tahun ini dengan berbagai pencapaian luar biasa baik dari segi bisnis maupun pengembangan teknologi. Kami optimis untuk tetap fokus menargetkan pertumbuhan bisnis lebih dari 50% di 2020,” jelas Maya.

SHARE:

Manfaatkan Big Data Sampai AI, Chery Kembangkan Ekosistem Otomotif Ramah Lingkungan

Perjalanan Suzuki Carry Jadi 'Angkot' Andalan Masyarakat Indonesia