Technologue.id, Jakarta – Pengembangan teknologi yang dilakukan Qualcomm Technologies rupanya juga masuk ke ranah kamera. Perusahaan teknologi itu memperkenalkan sebuah solusi baru untuk ponsel pintar supaya mendukung fitur dual kamera.

Inovasi baru Qualcomm itu diperkenalkan sebagai Qualcomm Clear Sight yang ditenagai Qualcomm Spectra ISP (Image Signal Processor). Produk solusi bagi kamera ponsel pintar masa depan ini diklaim masih hangat karena baru saja keluar dari laboratorium Qualcomm.

Dalam keterangan resminya, perusahaan itu menyatakan teknologi ini akan memukau karena dirancan meniru kemampuan mata manusia. Foto yang diambil bakalan diolah Clear Sight sehingga memberikan peningkatan dynamic range, ketajaman dan mengurangi noise saat pencahayaan rendah.

Mata manusia adalah analogi yang tepat karena mata mengandung sel “kerucut” dan “batang”. Sel kerucut sangat baik untuk menangkap warna, namun memerlukan lingkungan berpenerangan baik sementara sel batang sangat unggul dalam menangkap cahaya di kondisi remang, namun warna yang ditangkap tidak banyak.

Clear Sight dirancang untuk meniru sel kerucut dan batang sehingga dapat memberikan Anda kemampuan dari kedua jenis sel tersebut, menghasilkan gambar dengan kontras dan tingkat kecerahan optimal. Clear Sight memiliki dua kamera, masing-masing dilengkapi dengan lensa dan sensor gambar sendiri.

Diagram teknologi Clear Sight dari Qualcomm Technologies (eksklusif)
Diagram teknologi Clear Sight dari Qualcomm Technologies (eksklusif)

Sama seperti mata manusia, lensa ini memiliki panjang focal yang identik dengan melihat jarak yang sama. Namun, tiap kamera memiliki sensor gambar yang berbeda: satu sensor gambar warna (untuk meniru sel kerucut) dan sensor gambar hitam dan putih (dapat menyerap lebih banyak cahaya untuk meniru sel batang).

Secara teknis, sensor warna dan sensor hitam dan putih (BW) adalah sama, kecuali dengan satu penyesuaian: sensor BW tidak memiliki penyaring warna. Tanpanya, sensor tidak dapat menangkap warna, namun kemampuan menangkap cahaya meningkat 3 kali lipat. Hal ini sangat berguna untuk lingkungan dengan pencahayaan rendah.

Tanpa penyaring warna, foto hitam dan putih memliki kontras yang jauh lebih baik dan memiliki lebih sedikit noise dengan ketajaman lebih baik di kondisi rendah cahaya. Ketika informasi warna dari foto yang lain digabungkan hasilnya ialah gambar yang fantastis!

Teknologi Clear Sight didukung oleh prosesor premium Qualcomm Snapdragon 820 dan 821. Prosesor Snapdragon memiliki komponen teknologi yang didedikasikan untuk kamera—sebuah Image ISP yang disebut Qualcomm Spectra.

Qualcomm Spectra ISP yang ada di dalam prosesor Snapdragon dibuat untuk menggabungkan dan memproses data dengan cepat secara bersamaan dari kedua kamera untuk menciptakan foto yang berkualitas tinggi, bahkan di kondisi pencahayaan rendah, dengan menggunakan algoritma untuk menyatukan gambar yang diambil dari tiap kamera secara pintar.

Baca juga :