Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Qualcomm Umumkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Qualcomm mengumumkan system on chip (SoC) baru untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Terdapat dua chipset baru yang resmi diperkenalkan oleh Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Kedua chipset tersebut ditujukan untuk perangkat berbasis Android. Selanjutnya, chip ini akan tersedia pada beragam merk smartphone Android seperti Asus, Oppo, Xiaomi hingga Vivo.

Snapdragon 8+ Gen 1 Snapdragon 8+ Gen 1 menjadi chipset flagship Qualcomm yang diperkaya dengan beragam fitur mumpuni untuk menunjang aktivitas yang tergolong berat seperti bermain game mobile dan lainnya.

Baca Juga:
Intip Spesifikasi Laptop Acer Swift 3 OLED Ditenagai Chipset Intel Core H-series Generasi

Snapdragon 8+ Gen 1 diketahui memiliki CPU Kryo yang menawarkan pemrosesan 10 persen lebih cepat dan efisiensi daya hingga 30 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 1. Untuk grafisnya, chip ini menggunakan GPU Andreno yang ditingkatkan.

GPU tersebut diklaim menawarkan kecepatan hingga 10 persen dan kemampuan efisiensi daya hingga 30 persen guna menunjang pengalaman gameplay yang lebih baik daripada pendahulunya.

Selain itu, Qualcomm turut menyematkan fitur Snapdragon Elite Gaming, sehingga chip ini menunjang tingkat respons yang cepat, tampilan HDR yang kaya warna seperti dekstop.

Adapun aspek fotografi, Snapdragon 8+ Gen 1 dibekali dengan teknologi Snapdragon Sight yang mampu mengakomodasi perekaman video HDR 8K. Dukungan ini dikatakan mampu menopang konten dengan format HDR10+ yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Tidak hanya itu, teknologi kecerdasan buatan pada chip ini mengunggulkan Qualcomm AI Engine Gen 7 yang diklaim bisa memberikan efek bokeh seperti Leica Leitz.

Sebagaimana Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 juga mendukung jaringan 5G berkat modem Snapdragon X65. Fitur lainnya yang ikut melengkapi chip ini yaitu speaker berteknologi Snapdragon Sound, serta konektivitas WiFi dan bluetooth berbasis Qualcomm FastConnect 9600.

Chip ini dipastikan hadir pada perangkat bermerek ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQoo, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Osom, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE, pada kuartal-III 2022. Untuk mendukung aspek visual, chip ini diklaim memiliki resolusi Quad HD+.

Beralih ke aspek fotografi, Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi dengan Qualcomm Spectra triple ISP yang memungkinkan vendor smartphone memasang tiga konfigurasi kamera hingga resolusi 200 MP.

Baca Juga:
Nvidia Luncurkan PC Rakitan Geforce RTX dan Esports

Resolusi ini diklaim Qualcomm merupakan yang pertama didukung oleh Snapdragon 7-series. Adapun kualitas perekamannya didukung sampai HDR 4K sehingga menghasilkan kecerahan warna yang tajam dan hitam yang pekat.

Tidak ketinggalan, Qualcomm juga menyematkan AI Engine Gen 7 yang memungkinkan Deep Learning Face Detect. Bagaimana dengan aspek konektivitasnya?

Terkait aspek konektivitasnya, Snapdragon 7 Gen 1 didukung modem yang sama dengan Snapdragon 8+ Gen 1, yaitu modem Snapdragon X65 dan teknologi FastConnect 9600. Untuk pertama kalinya di seri Snapdragon 7, chip ini juga dibekali Snapdragon Sound untuk mencegah getaran dan menciptakan pengalaman yang imersif.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 akan diadopsi oleh berbagai vendor smartphone termasuk Honor, Oppo, dan Xiaomi, melaui perangkat yang kemungkinan dirilis pada kuartal II-2022.

SHARE:

Aukey Charging Station hingga Air Purifier Terbaru Banjiri Pasar Indonesia

Soal Starlink, Operator Seluler Singgung Kesetaraan Aturan