Technologue.id, Jakarta – Era digital membuat perangkat radio kaset semakin hari semakin tertinggal dan tergantikan. Pasalnya, banyak label musik yang tadinya menggunakan format audio analog berbentuk kaset, kini berubah menjadi format digital, seperti MP3, ALAC, AAC, dan lain-lain. Meski begitu, ada saja yang mencoba mengembalikan masa lalu dengan membuat sebuah perangkat baru.

Mengutip dari TheVerge.com (16/11/2018), ada sebuah produsen perangkat elektronik bernama Crosley yang berhasil meluncurkan sebuah perangkat radio kaset dengan desain yang diharapkan mampu membawa Anda kembali ke tahun 80-an.

Baca juga:

Kian Berjaya, Music Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Perangkat tersebut tersedia dengan dua varian berbeda, yakni CT100 dan CT200. Untuk menemani Anda bernostalgia, keduanya memiliki sebuah speaker mono, radio AM/FM, sebuah microphone yang terintegrasi, dan sebuah tempat kaset.

Baca juga:

YouTube Ikutan Terjun ke Layanan Streaming Musik

Pada CT100, Crosley menambahkan fitur yang lebih modern, seperti slot SD Card dan USB, sehingga Anda bisa memutar musik bukan cuma dari radio dan kaset, tetapi juga format digital dari flash disk ataupun memory card. Sementara pada CT200, kedua fitur tersebut tidak tersedia. Sebagai gantinya, mereka menyematkan tuas pengatur bass dan treble, serta VU meter yang mampu menambah kesan jadul.

Baca juga:

Dominasi Streaming Musik, Spotify Kini Miliki 87 Juta Pengguna Premium

Kedua perangkat tersebut saat ini sudah tersedia melalui sejumlah e-commerce internasional, seperti Target atau Best Buy. Untuk harganya, CT100 dan CT200 masing-masing dibanderol dengan harga US$60 (Rp876 ribu) dan US$70 (Rp1 jutaan). Hingga saat ini belum diketahui apakah keduanya nanti bakal dijual secara offline atau tidak.