Technologue.id, Jakarta – Bagi pelaku kriminal, gadget bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi, mereka membutuhkan smartphone untuk mempermudah aksinya. Namun di sisi lain, mereka juga wajib berhati-hati karena pihak berwajib bisa menangkap mereka dengan melacak handset yang mereka gunakan.

Lalu, bagaimana para penjahat itu menghindari kejaran pemerintah yang melacak ponsel mereka? Berdasarkan pengakuan seorang penjahat kelas kakap yang dicari oleh sembilan lembaga penegak hukum internasional pada PhoneArena.com (9/6/16), ada tips sederhana untuk menghilangkan jejak mereka, yakni mencopot baterai smartphone.

Ya, karena tidak ada daya untuk menyalakan dan mengaktifkan sistem apa pun dalam smartphone, petugas berwajib diyakini bakal kesulitan untuk mengendus keberadaan si pelaku kriminal.

Bagaimana dengan solusi lain? Mencopot baterai jauh lebih efektif dibanding sekadar switch ke airplane mode karena firmware ponsel tidak mati sehingga ponsel masih terkoneksi dengan jaringan seluler. Membuang atau mengganti kartu SIM juga bukan solusi terbaik karena BTS palsu bikinan petugas bisa mengidentifikasi gadget pelaku dengan cepat.

- Advertisement -

Itu dia rahasia pelaku kriminal yang diungkap oleh si pelaku sendiri. Psst, jangan bilang siapa-siapa ya!