Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Raksasa Internet Korea Selatan Naver Rilis Layanan AI Generatif
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Naver, perusahaan pencarian internet Korea Selatan baru saja meluncurkan generatif AI, HyperCLOVA X.

Baca Juga:
Pentingnya Kolaborasi Guna Sukseskan Pemerataan Internet di Indonesia

HyperCLOVA X ini menawarkan layanan seperti chatbot AI mirip ChatGPT, CLOVA X serta mesin pencari berbasis generatif AI yang mirip seperti Microsoft Bing bernama Cue.

CLOVA X memulai layanan beta dalam bahasa Inggris dan Korea pada 24 Agustus, sedangkan Cue akan tersedia untuk uji coba beta pada September dan akan tergabung di mesin pencarian Naver pada November.

HyperCLOVA X adalah versi upgrade LLM sebelumnya untuk bahasa Korea yang disebut HyperCLOVA yang diluncurkan pada 2021. Naver mengatakan bahwa HyperCLOVA memiliki lebih dari 204 miliar parameter.

Baca Juga:
Xiaomi Bakal Rilis Tablet Baru di Indonesia Dalam Waktu Dekat

CEO Naver SeooYeon Choi mengatakan, Naver memiliki lebih dari 500 ahli AI di timnya dan merupakan satu dari lima perusahaan global yang mengembangkan LLM-nya sendiri dengan lebih dari 100 miliar parameter.

Untuk CLOVA X mampu menganalisis dan menghasilkan tidak hanya teks tetapi juga gambar, video, dan audio.

Naver mengatakan pihaknya sedang mencari wilayah yang belum dicakup oleh pesaingnya untuk menawarkan aplikasi AI yang disesuaikan untuk negara-negara dengan sensitivitas politik di Timur Tengah dan negara-negara yang tidak berbahasa Inggris.

SHARE:

Kreator Konten Mulai "Gerah" Gara-Gara Ulah Pengembang AI

Rumor dan Bocoran Terbaru iPhone 16 Jelang Rilis September