Technologue.id, Jakarta - LiveIn, penyedia hunian fleksibel, merambah pasar Indonesia. Sudah beroperasi sejak tahun lalu, LiveIn memperkenalkan model inovatif Offline-to-Online (O2O), yang menyediakan solusi hunian modern dan terjangkau bagi anak muda, sekaligus memudahkan pemilik properti mengembangkan pendapatan rental tanpa harus repot mengurus operasional bisnis.
Menurut laporan BestBrokers.com, Indonesia menempati posisi ke-4 sebagai negara paling tidak terjangkau untuk membeli rumah. Hal ini sejalan dengan studi Jakpat, yang menunjukkan bahwa 3 dari 5 Gen Z di Indonesia lebih memilih menyewa karena alasan kesiapan finansial (36%), biaya lebih terjangkau (22%), lokasi strategis (18%), dan adanya aturan mutasi kerja (11%). Tren ini menyoroti pentingnya opsi hunian fleksibel dan terjangkau bagi generasi muda.
Keek Wen Khai, Co-founder & CEO LiveIn, mengatakan bahwa kehadiran LiveIn di Indonesia adalah bagian dari misi untuk mengubah cara anak muda menjalani kehidupan dan memberdayakan mereka untuk berani bermimpi besar.
Baca Juga:
5 Cara Bikin Rumah Adem Tanpa Boros Listrik
"Kami ingin menunjukkan bahwa hunian terjangkau tidak harus mengorbankan kualitas. Dengan model O2O, mereka bisa menemukan hunian modern yang terjangkau secara online, menikmati pengalaman tinggal yang nyaman, dan mengurus segala kebutuhan sewa-menyewa melalui platform online kami," ujar Khai.
Didirikan pada tahun 2015, LiveIn kini berkembang menjadi perusahaan proptech dengan model B2B2C, dari sebelumnya merupakan marketplace akomodasi untuk pelajar perantauan.
Dengan tingkat okupansi rata-rata 90% pada lebih dari 10.000 kamar di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia, LiveIn bermitra dengan pemilik properti untuk mengubah properti mereka menjadi unit siap huni yang lengkap dengan furnitur, serta menyediakan layanan menyeluruh mulai dari analisis pasar, renovasi, pemasaran, dan manajemen sewa.
LiveIn didukung oleh investor terkemuka seperti Wavemaker Partners, InterVest, Malaysia Debt Ventures Berhad, dan Korean Investment Partners. LiveIn mengembangkan tiga kategori produk guna memenuhi kebutuhan beragam kalangan. Untuk pelajar dan profesional muda, LiveIn Intro menawarkan hunian terjangkau dengan desain minimalis yang dinamis.
Bagi mereka yang ingin hunian lebih aspiratif, LiveIn Select hadir dengan desain elegan. Sementara itu, LiveIn Signature menyediakan hunian premium dan modis yang ideal bagi profesional dan wisatawan bisnis.
Baca Juga:
Tips Jitu Lindungi Rumah dari Udara Dingin Musim Kemarau
Selain tempat tinggal, LiveIn menciptakan pengalaman holistik yang memungkinkan penghuni untuk tinggal, bekerja, bermain, dan berbelanja melalui LiveIn Ecosystem. Fasilitas yang tersedia meliputi laundry, minimarket, F&B, coworking space, tempat gym, dan hiburan.
Ekosistem ini masih dalam pengembangan di Indonesia dan bagian dari rencana ke depan. Penghuni juga bisa mengelola semua kebutuhan melalui aplikasi LiveIn, mulai dari mencari hunian, pesan fasilitas, daftar acara komunitas, hingga mengelola berbagai aspek sewa.
Saat ini, LiveIn Indonesia beroperasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Beberapa properti sedang dalam tahap renovasi dan akan segera tersedia untuk dihuni. Rencana memperluas jangkauan ke kota-kota besar lainnya juga telah dipersiapkan.