Technologue.id, Jakarta – Facebook bekerjasama dengan YCAB Foundation dan Do Something Indonesia mengedukasi para pengguna sosial media untuk melahirkan konten positif. Ini diwujudkan dengan acara campaign Think Before You Share yang digelar beberapa waktu lalu di Jakarta selama dua hari. Campaign ini digelar di kurang lebih 100 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta yang diikuti oleh sekitar 11 ribu siswa. Hingga saat ini campaign tersebut sudah menjangkau lebih dari 15 juta.

“YCAB dan Do Something memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Facebook dalam melahirkan konten positif dalam sosial media. Melalui campaign Think Before You Share ini kami harapkan para pengguna Facebook lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial ini. Dimulai dari usia dini, khususnya pelajar, campaign ini sangat diperlukan agar tidak memposting konten negatif seperti pornografi, hoax dan lainnya. Tentunya peran orang tua dan guru sangat berperan dalam menghadirkan konten positif,” ungkap Clair Deevy, Head of Community Affairs APAC Facebook saat ditemui Technologue.id di bilangan Menteng, Jakarta, Selasa (27/02/2018).

Baca juga:

Dua Media Besar Sudah Resah dengan Monopoli Facebook dan Google

- Advertisement -

Bersama YCAB Foundation, Facebook mengadakan sejumlah pelatihan di SMA menggunakan kurikulum Think Before You Share. Pelatihan tersebut bertema seputar keamanan internet dan literasi digital.

“Kurikulum Think before you share disambut baik oleh pemerintah dan akan dijadikan kurikulum pendidikan di sekolah,” papar Moni Rejeki, Head of Corporate Engagement YCAB di tempat yang sama.

Senada dengan Moni, Demas Riyan selaku Senior Program Specialist of Do Something Indonesia memberikan tanggapan.

“Kita memberikan informasi dan edukasi mengenai konten positif. Selain itu, kita akan memberikan pelatihan mengenai skill workshop dalam sosial media seperti writing, fotografi dan lainnya kepada para siswa,” imbuh Demas.

Baca juga:

Para Remaja Mulai Tinggalkan Platform-platform Facebook, Google Bagaimana?

Selama dua hari di acara Think Before You Share Campaign Day Out, 100 pelajar terbaik dari 100 sekolah di Jakarta akan menghadiri sesi pelatihan dan sesi dimana mereka saling berbagi informasi mengenai topik yang terkait dengan literasi digital. Para siswa ini juga akan mempresentasikan ide kampanye mereka untuk meningkatkan kesadaran akan literasi digital dalam komunitas mereka di depan para juri. Jurinya berasal dari beberapa perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Budaya, Facebook, YCAB Foundation, dan Do Something Indonesia.

Baca juga:

Bosan Nonton YouTube Terus? Coba Cek 3 Platform Video Ini

Siswa dengan ide kampanye terbaik akan memenangkan dana pendidikan untuk mewujudkan ide kampanye mereka tersebut. Tak hanya pelatihan, Facebook bersama YCAB Foundation dan Do Something Indonesia beserta para remaja Indonesia menggelar kampanye online bertajuk Think Before You Share Campaign Day Out. Campaign Think Before Share menggelar roadshow di tujuh kota yang meliputi Jakarta, Malang, Denpasar, Balikpapan, Palembang, Bandung dan Surabaya dengan menjangkau 3,5 juta generasi milenial secara online dan 101 komunitas anak muda secara offline.