Ransomware Petya Mulai Menyebar ke Seluruh Dunia

Technologue.id, Jakarta – Di tengah-tengah musim liburan, ada saja serangan siber yang diam-diam ingin menyerang komputer di seluruh dunia. Jika sebelumnya dunia dihebohkan dengan WannaCrypt, kini ada lagi ransomware yang bernama Petya.

Mengutip dari NextPowerUp (29/06/17), ransomware tersebut dilaporkan sudah menyebar ke Amerika Serikat melalui sejumlah negara yang sebelumnya sudah terinfeksi, yakni Rusia dan Ukraina.

Dikarenakan sudah ada beberapa negara yang terinfeksi, Petya saat ini pun mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia lainnya. Sebagian wilayah Eropa, Asia, dan Australia kini beberapa sudah ada yang terkena dampak dari ransomware tersebut.

Pada beberapa wilayah, Petya menyerang sejumlah sistem perbankan. Ia juga sempat menonaktifkan sistem monitoring radiasi otomatis pada sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina, Chernobyl.

Di Amerika, beberapa rumah sakit di wilayah Los Angeles saat ini sudah terkena dampaknya. Tak cuma itu saja, sejumlah instansi di sana pun turut terkena serangan, seperti Merck dan FedEx.

Untuk bisa menyusup sistem keamanan, Petya sendiri diduga memanfaatkan berbagai celah keamanan yang ada pada sistem operasi Windows. Sebelumnya, cara tersebut juga digunakan oleh WannaCry.

Latest News

Spotify Wrapped Lagi Hits, Begini Cara Buatnya

Technologue.id, Jakarta - Memasuki penghujung tahun, Spotify Wrapped yang berisi daftar lagu hingga podcast yang sering didengar di sepanjang tahun kembali populer...

10 Tahun Indonesia Berpartisipasi dalam Shell Eco-marathon

Technologue.id, Jakarta - Partisipasi Indonesia dalam kompetisi Shell Eco-marathon (SEM) Asia telah genap memasuki sepuluh tahun. Berbagai inovasi kendaraan hemat energi dan...

Nuansa Papua Hadir di Google Doodle

Technologue.id, Jakarta - Nuansa Papua hadir di Google Doodle hari ini, Jumat (4/12/2020). Mulai dari Noken, rumah adat Honai, hingga pegunungan Jayawijaya.

Apple App Store Umumkan Pemenang Best of 2020

Technologue.id, Jakarta - Di ujung tahun 2020, semakin banyak yang berikan penghargaan untuk game terbaik yang rilis sepanjang tahun ini. Apple sendiri...

Gandeng Content Kreator dan Brand Lokal, Smartfren Bikin WowLabs

Technologue.id, Jakarta - Smartfren resmi luncurkan platform kokreasi bernama WowLabs. Platform ini dibuat khusus sebagai wadah untuk tingkatkan semangat kolaborasi para pelaku industri...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here