Raspberry Pi 3 Punya Versi Lebih Mungil

Technologue.id, Jakarta – Setelah sempat meluncurkan Raspberry Pi 3 pada pertengahan tahun lalu, kini giliran versi ‘slim’ dari komputer mungil tersebut mulai diperkenalkan.

Dikutip dari PCWorld (17/01/17), Layaknya Raspberry Pi 3, Compute Module 3 berkali dengan prosesor 64-bit buatan ARM, Cortex-A53 yang berkecepatan 1,2 GHz, RAM berkapasitas 1 GB dan memori internal 4 GB.

Walaupun dari sisi spesifikasi hardwarenya tak jauh berbeda, Compute Module 3 tampil lebih mungil lagi. Ini dikarenakan ia tidak dibekali dengan slot SD Card dan beberapa soket yang tidak terlalu sering terpakai oleh pengguna.

Dengan ukurannya yang lebih kecil dari Raspberry Pi 3, Compute Module 3 lebih ditujukan untuk pengguna yang ingin menyematkan sebuah komputer kecil ke dalam sebuah perangkat elektronik.

Versi standar dari Compute Module 3 sendiri dijual dengan harga US$30. Raspberry Pi Foundation juga menyediakan versi lite seharga US$25. Berbeda dengan standar, mainboard pada versi lite tak dibekali dengan memori internal. Sebagai gantinya, ia dilengkapi dengan slot Sad card sebagai media penyimpanannya.

Raspberry Pi Foundation sendiri sudah mulai mengembangkan komputer mungil yang memiliki kemampuan esensial pada tahun 2009. Hingga kini, komputer buatannya yang bernama Raspberry Pi sudah menjadi salah satu best selling PC di Inggris.

 

Baca juga:

PC Mendekati Ajal

HP Luncurkan Produk PC untuk Pekerja Milenial, Harganya?

Ini Spek Minimum PC Agar Kompatibel dengan VR Headset Microsoft