Rayakan Hari Internet Aman Sedunia, TikTok Rilis Toolkit Kemanan Keluarga

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Untuk rayakan Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) yang jatuh setiap tanggal 10 Februari, platform distribusi video pendek TikTok, bersama DQ Institute luncurkan Toolkit Keamanan Keluarga TikTok.

Toolkit ini berisi panduan dan tool bagi orangtua untuk pahami pengasuhan anak secara digital, sebagai upaya ciptakan lingkungan siber aman dan bisa diakses di Pusat Keamanan TikTok.

Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha, dalam pertemuan virtual pada Hari Rabu (10/2), mengatakan bahwa. “Upaya dan komitmen kami dalam menciptakan lingkungan siber yang aman akan terus kami gaungkan demi kepentingan bersama.” Kata Donny

Baca Juga:
TikTok Siapkan Fitur Jual-Beli, Seperti Apa?

Ia pun berharap agar Toolkit Keamanan Keluarga TikTok ini bisa jadi sumber edukasi, sekaligus panduan pengasuhan digital yang komprehensif bagi para orangtua di Indonesia untuk menyadari pentingnya keamanan, keselamatan, dan privasi online anak remaja.

Menurut hasil riset Alvara Research Center, di Indonesia sendiri terdapat kenaikan yang sangat signifikan terkait konsumsi internet masyarakat pada Juni 2020. Dalam satu hari, waktu pengguna saat akses internet naik dari empat sampai enam jam per hari jadi lebih dari tujuh per hari.

Ternyata remaja atau Generasi Z jadi kelompok masyarakat yang paling banyak pakai internet di Indonesia. Hal ini jadi alasan agar perhatian orang tua untuk ikut turun membimbing aktivitas anak remajanya di dunia maya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia, Hendarman, Ph.D., mengatakan bahwa. “Literasi digital yang dimiliki kaum remaja (atau generasi Z) pada hari ini adalah aset yang sangat besar dalam cita-cita membangun sumber daya manusia unggul di masa depan.” Jelas Hendarman.

Kami akan terus memberikan dorongan untuk terciptanya sinergi antara orangtua dan anak di ranah digital dalam upaya membangun penguatan karakter anak. Bersama-sama kita akan mewujudkan generasi cerdas berkarakter Indonesia yang maju bermartabat dan merujuk Profil Pelajar Pancasila.” Tambahnya.

Baca Juga:
TikTok Segera Hadirkan Fitur Penangkal Hoax

Toolkit Keamanan Keluarga TikTok ini berisi 10 tips tentang pengasuhan digital pada anak remaja yang bisa diterapkan orangtua untuk aktivitas di platform digital mana pun. Bukan cuma buat TikTok saja, agar semua pihak bisa jadi warga digital yang baik.

Selain itu, Toolkit ini juga berikan panduan lengkap tentang alat keamanan keluarga yang bisa dipakai orangtua, seperti cara penggunaan Pelibatan Keluarga (Family Pairing), fitur yang bikin akun orangtua dan akun anak remaja terhubung, sehingga aktivitas online anak bisa terkontrol dengan baik. Toolkit Keamanan Keluarga TikTok bisa diakses dan diunduh di Pusat Keamanan TikTok mulai 10 Februari.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories