Refund Molor, Toko Furniture Fabelio Panen Kecaman Konsumen

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Akun Instagram resmi toko furniture online, Fabelio, digeruduk sejumlah konsumen. Mereka mengeluhkan soal proses pengembalian uang atau refund yang tidak kunjung diterima hingga berbulan-bulan.

Menurut pantauan Technologue.id, keluhan para pembeli produk di Fabelio menghiasi beberapa postingan di feed Instagram. Sebagian besar mempermasalahkan keterlambatan refund yang dijanjikan 14 hari namun hingga 30 hari kerja belum ada transaksi apa pun. Bahkan ada konsumen yang mengatakan sudah menunggu hingga dua bulan lamanya.

Baca Juga:
Proses Refund Lama, Berikut Penjelasan dari Oyo Indonesia

Salah seorang konsumen bernama Irfan Hendrian mengungkapkan bahwa sudah dua kali dirinya mengalami masalah terkait refund. Yang pertama tahun lalu untuk pembelian meja/rak buku. Saat pembelian sebelum klik order, waktu Pre Order (PO) memakan waktu satu bulan. Namun di luar dugaan, perusahaan malah menginformasikan secara dadakan bahwa setelah proses order beres waktu PO-nya hingga dua bulan.

“Tapi waktu itu tidak terburu-buru membutuhkan barangnya, jadi tidak apa-apa menunggu. Tapi ketika barangnya sampai dan Saya rakit, joint-joint rak dan rangkanya tidak pas, sehingga harus mengajukan penukaran. Tapi kesalnya mereka meminta saya menunggu 2 bulan lagi tanpa ada insentif apapun. Padahal hanya mengganti 1 part dari komponen barangnya, bisa diminta urgent ke vendornya,” kata Irfan, saat dihubungi Technologue.id, Sabtu (8/5/2021).

Irfan menuturkan, harga barang tersebut adalah Rp3 juta. Akibat pengalaman tersebut, Ia enggan untuk belanja di Fabelio dengan kisaran harga di atas Rp500 ribu. Beberapa pemesanan barang pun sempat tidak ada masalah lagi.

Namun pada order terakhir, pria yang berprofesi sebagai graphic desainer itu mengaku kembali dipersulit dalam menerima pengembalian dana.

“Order terakhir yang sangat bermasalah, padahal nominalnya hanya Rp75 ribu untuk sarung bantal. Order dilakukan di pertengahan Februari, janji kirim di awal Maret,” ungkapnya.

Setelah Ia menunggu sesuai tanggal, sayangnya tidak ada berita mengenai pengirimannya. Irfan pun mencoba menghubungi bagian Customer Service melalui pesan WhatsApp dan fitur chat di website Fabelio berkali-kali, namun berhari-hari baru dibalas. Saat membalas pesan, pihak Fabelio meminta konsumen menunggu dua minggu ke depan.

“Karena saya tidak mau menunggu lagi seperti kasus pertama, saya langsung meminta refund saja. Tapi yang membuat saya kurang suka dengan prosesnya di awal, status order di website diganti ke menunggu pembayaran, seakan-akan menipu bukti kalau saya belum bayar. Saya komplain dan menanya kapan proses refundnya dimulai, saya diminta menunggu 2 minggu,” tandas Irfan.

Baca Juga:
OYO Gandeng OVO dan GoPay untuk Permudah Booking dan Refund Konsumen

Hingga berita ini ditayangkan, sampai sekarang status pembelian sarung bantal tersebut masih menunggu pembayaran. Padahal Irfan mengatakan, sudah lunas di awal dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.

“Sudah dua minggu menunggu saya cek, tidak ada transfer dari Fabelio. Saya kontak via chat website, katanya sedang dieskalasikan ke bagian finance. 3 minggu ke depannya, masih belum ada transfer dari Fabelio. Saya kontak CS fabelio via telefon. Jawabannya masih sama walaupun saya marah-marah, dieskalasikan ke finance. Dan sampai sekarang belum ada refund dari fabelio,” papar Irfan.

Pengalaman masalah refund serupa turut dialami oleh konsumen dengan akun IG bernama Brillyan Vandy Yansa. Datang ke showroom Fabelio di Alam Sutera, Tangerang, dirinya memesan sebuah lemari baju melalui sistem PO. Saat itu, Ia diminta menunggu proses produksi selama dua minggu.

“Ya sudah kami tunggu, saat ditanya di H-1 ternyata belum ready dan harus tunggu 2 minggu lagi. Saya akhirnya refund karena tidak ada jaminan juga (kalau) 2 minggu kemudian bener-bener datang. Plus karena butuh banget sih lemarinya, belum lama pindahan baju-baju masih di kardus,” tuturnya.

Brillyan menambahkan, proses pengajuan refund terbilang mudah. “Begitu kita minta cancel langsung dikasih form cancellation. Dari situ akan ada proses pengembalian dana maksimal 14 hari kerja (sabtu-minggu tidak dihitung),” pungkasnya.

Proses cancellation tercatat pada tanggal 7 April 2021. Namun hingga saat ini dia juga belum menerima pengembalian dana sesuai ketentuan pembatalan dari Fabelio.

- Advertisement -

Latest News

Mario Party Superstars Bakal Rilis di Nintendo Switch Bulan Oktober

Technologue.id, Jakarta - Mario Party Superstars resmi bakal rilis di Nintendo Switch, game ini bakal hadirkan beberapa peta dan mode klasik. Selain...

6 Fitur Baru Android yang Dipamerkan Google

Technologue.id, Jakarta - Google umumkan bakal ada enam fitur baru di sistem operasi Android 11 yang bisa dinikmati para pengguna mulai pertengahan tahun ini. Update...

Cara Beli Xiaomi Mi 11 Ultra yang Dijual Terbatas

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi menjual varian tertinggi dari Mi 11 Series, yaitu Mi 11 Ultra, dalam jumlah terbatas di Indonesia. Smartphone yang...

Tencent Bakal Tutup Game Call of Duty Online

Technologue.id, Jakarta - Tencent resmi tutup operasi Call of Duty Online sebagai upaya untuk dorong pemain ke Call of Duty: Mobile. Game Call...

Startup Evermos Catat Penghasilan Reseller Naik di Tengah Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Evermos, platform pemberdayaan ekonomi asal Indonesia, punya visi wujudkan ekonomi inklusif dan kesejahteraan melalui konsep social commerce yang memberikan...

Related Stories