Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Direct

Rekomendasi Chipset Terbaik untuk Game

byRiza Mulyawan - editorDenny Mahardy May 18, 2022

Technologue.id, Jakarta - Sekarang ini, hampir semua smartphone terbaru sudah bisa digunakan untuk main game. Bahkan ponsel-ponsel entry level pun juga sudah bisa. Jenis game yang dimainkan pun juga sudah masuk jajaran grafis tinggi atau level game AAA. Meski sudah bisa, namun terkadang masih ngelag atau tidak lancar jika digunakan untuk multitasking.

Jika menginginkan smartphone yang bagus untuk bermain game, Anda perlu memilih ponsel dengan spek dewa. Salah satunya adalah dengan memilih chipset terbaik untuk game. Dengan memilih chipset spek dewa, tentunya bermain game akan lebih menyenangkan, karena hambatannya bisa diminimalisir. Nah, inilah rekomendasi chipset terbaiknya.

HiSilicon Kirin 9000

Chipset HiSilicon Kirin 9000 diproduksi oleh Huawei dan telah dirilis sejak Oktober 2020. Kabarnya, Huawei juga akan segera merilis chipset terbarunya, namun belum ada informasi lengkap sampai sekarang. Dan sejauh ini, HiSilicon Kirin 9000 cukup bisa diandalkan untuk main game. Fiturnya sangat banyak, efisiensi daya tinggi, dan kualitas grafisnya mantap.

Bahkan skor AnTuTu dari chipset satu ini juga sudah masuk dalam 10 besar, sudah terdiri dari delapan core yang dibagi lagi menjadi tiga buah cluster. Namun sayangnya, produksinya terbatas karena pemberlakuan pelarangan penggunaan teknologi bagi Huawei dari pemerintah Amerika. Jadi, bagi Anda yang tetap menggunakannya, tidak akan mendapatkan berbagai layanan dari Google.

Samsung Exynos 2200

Ada juga Samsung Exynos 2200, chipset gaming yang sudah dirilis sejak Januari 2022. Ini merupakan prosesor gaming dari Samsung yang juga memiliki banyak sekali kelebihan. Proses pembuatannya juga sudah didukung dengan metode EUV atau extreme ultraviolet lithography yang canggih, sehingga sangat gahar untuk multitasking.

Berbagai fitur di dalamnya juga sangat bisa diandalkan. Misalnya saja sudah mengusung teknologi Ray Tracing, menggunakan Xclipse GPU, telah menawarkan kecerdasan buatan dan juga NPU yang lebih baik.

Qualcomm Snapdragon 888 Plus

Dari Qualcomm selanjutnya, ada Snapdragon 888 Plus yang memang hanya digunakan pada ponsel-ponsel kelas flagship saja. Sampai saat ini, proses Snapdragon 888 Plus masih jadi chipset terkencang dari Qualcomm. Perilisannya sendiri dilakukan pada acara Mobile World Congress tahun 2021.

Kelebihannya tentu saja juga sudah tidak main-main, dari segi CPU saja, dibanding versi sebelumnya, sudah ditingkatkan menjadi 2,995 GHz, atau kira-kira mengalami peningkatan 5,2 persen. Selain itu, dari segi kinerja Al Engine, sudah meningkat menjadi 32 TOPS dari yang sebelumnya 26 TOPS.

MediaTek Dimensity 9000

MediaTek juga sudah merilis chipset flagship di tahun 2022 yang bernama Dimensity 9000. Dikabarkan, lebih kencang dari Exynoss 2200, baik itu versi single core atau multi core. Bisa dibilang, ini chipset terbaik nomor 2 untuk gaming saat ini. MediaTek Dimensity juga menjadi chipset pertama di dunia yang diciptakan dengan menggunakan fabrikasi 4nm.

Apple A15 Bionic

Chipset terbaik yang ada saat ini, baik untuk gaming atau berbagai aktivitas lainnya adalah besutan dari Apple, yakni A15 Bionic. Chipset yang diluncurkan sejak September 2021 ini memberikan gambar yang sangat bagus, sejauh ini belum ada yang mengalahkannya. Digunakan untuk game-game berat sekalipun akan sangat lancar.

Kinerjanya sangat gahar dengan efisiensi daya yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Bahkan berdasarkan klaim produsennya, dalam hal CPU memberikan kinerja lebih cepat 50 persen dari para kompetitor. Sejauh ini, hanya ada beberapa iPhone yang dilengkapi dengan chipset satu ini. Yakni iPhone 13 dan 13 Mini, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max, iPad Mini, dan iPhone SE.

Jika sedang cari ponsel yang sangat andal untuk gaming, berbagai chipset di atas bisa dipertimbangkan.

#Shopee #SmartphoneGaming #ChipsetSmartphone #ChipsetGaming #RekomendasiChipsetGaming

Baca Juga