Resmi Dilarang, Medsos dan Situs Resmi FPI Bakal Diblokir

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan akan mulai memblokir Front Pembela Islam (FPI) di Internet. Hal ini menyusul larangan organisasi islam tersebut oleh pemerintah.

Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi mengatakan pemblokiran ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) di bawah Kemenkopolhukam. Adapun konten yang diblokir mencakup akun media sosial dan juga situs resmi FPI.

“Dengan keputusan SKB tadi, Kominfo dengan tupoksinya terutama di ruang digital yang melanggar perundang-undangan yang melanggar SKB. Kalau ada konten FPI yang terbukti melanggar, akan dilakukan pemutusan akses atau take down,” katanya, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga:

Resmi Dibubarkan, Topik “FPI” Menggema di Twitter


Dedy menambahkan, pihaknya akan berkordinasi dengan pemilik platform antara lain Twitter, Facebook, Instagram, dan juga Google. Ia juga mengaku akan melakukan pengkajian lebih mendalam sebelum akhirnya resmi melakukan pemblokiran.

“Apabila ada unsur yang berkaitan dengan radikalisme, terorisme yang disebarluaskan, maka Kominfo akan melakukan penutupan atau take down. Jadi, ada proses verifikasi konten, kalau ada pelanggaran, dilakukan penindakan,” jelasnya.

Untuk diketahui, FPI sendiri resmi dibubarkan pemerintah lewat pengumuman Menko Polhukam, Mahfud Md.

Baca Juga:

Anggota FPI Ditembak Polisi, Netizen Minta Rekaman CCTV


Dalam pernyataannya Mahfud mengatakan pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan FPI karena FPI tidak lagi mempunyai legal standing, baik sebagai ormas maupun sebagai organisasi biasa.

Mahfud menyebut, pembubaran ini dilakukan dengan alasan FPI telah melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan dan bertentangan dengan hukum seperti tindak kekerasan sweeping atau razia secara sepihak, provokasi, dan sebagainya.

- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories