Resmi, Google Akuisisi HTC dengan Mahar Segini

Resmi, Google Akuisisi HTC dengan Mahar Segini
Ilustrasi Google (source: Google)

Technologue.id, Jakarta – Google sepertinya tak terbebani dengan kurang suksesnya akuisisi terhadap Motorola 6 tahun lalu. Kamis (21/09/17), search engine ternama itu secara resmi mengakuisisi HTC.

Vendor yang berbasis di Taiwan itu dibeli dengan mahar 1,1 miliar USD (sekitar Rp14,7 triliun). Langkah akuisisi ini diambil untuk meningkatkan performa divisi hardware Google.

Baca juga:

Google Mau Beli Perusahaan Smartphone Ini

Belakangan, Google memang seperti meniru strategi Apple yang membuat smartphone dengan brand-nya sendiri. Sudah punya sistem operasi mobile terpopuler sedunia, Android, Google tinggal memperkuat sektor hardware mereka. Pixel generasi pertama pun jadi proyek awalan mereka untuk membayangi iPhone.

Rick Osterloh, petinggi divisi hardware Google, menyatakan dalam blog resmi perusahaannya (21/09/17), “Calon Googlers ini (tim dari HTC) adalah orang-orang hebat yang sudah bekerja sama secara intens dalam proyek smartphone Pixel.”

Baca juga:

Google Pixel 2 Bawa Fitur “Curian” dari Samsung? Jack 3.5mm Jadi Dihapus?

Sebelumnya, telah beredar rumor bahwa HTC tengah “menjual diri”. Ditengarai, penjualan smartphone mereka yang kurang moncer dan susahnya bersaing dengan produsen besar seperti Samsung dan Apple serta vendor-vendor asal China jadi penyebabnya.

Baca juga:

HTC Mau Jual Dirinya Sendiri, Bangkrutkah?

Pihak HTC pun mengaku senang bisa bergandengan dengan Google. Ini menjadi salah satu bentuk pengakuan terhadap inovasi mereka selaku vendor yang terhitung awal masuk ke bisnis smartphone.

“Kesepakatan ini merupakan langkah cemerlang berikutnya dalam kemitraan jangka panjang kami, yang memungkinkan Google untuk mendongkrak bisnis perangkat keras mereka sembari lanjut berinovasi di dalam sektor smartphone HTC dan bisnis virtual reality Vive,” jelas Cher Wang, CEO HTC.