Technologue.id, Jakarta – Serupa tapi tak sama, itulah ASUS VivoBook X505Z. Seri boleh sama, tetapi jeroan bisa berbeda. Kali ini tim Technologue.id beruntung bisa mencicipi laptop ASUS VivoBook X505Z dengan konfigurasi prosesor tertinggi, yaitu AMD Ryzen 7.

Laptop ini memang memiliki beberapa varian dengan konfigurasi prosesor yang berbeda, yaitu Ryzen 3, Ryzen 5 dan Ryzen 7. Demikian juga dengan konfigurasi RAM dan media penyimpanan yang digunakan. Satu hal yang pasti adalah, ASUS VivoBook X505Z menggunakan AMD Ryzen sebagai otaknya.

Sensasi mengunakan laptop ini adalah lega, karena memang layarnya begitu lapang dengan ukuran 15,6 inci. Dukungan kartu grafis AMD Vega dan teknologi ASUS Splendid pun membuat tampilan lebih memikat. Apalagi kartu grafis yang digunakan pada laptop ini pun menggunakan spesifikasi tertinggi, yaitu AMD RX Radeon Vega 10.

Seri ini memang juga menawarkan konfigurasi kartu grafis AMD Vega 3 dan AMD Vega 8. Sayangnya di Indonesia resolusi layar yang tersedia hanyalah HD atau 1366 x 768 piksel. Padahal di versi global tersedia juga pilihan FHD.

- Advertisement -

Baca juga:

Review Acer Swift 3 SF314-52-R8HZ: Menawan dan Kencang dengan Ryzen 7

Perbedaan konfigurasi juga dapat dilihat dari RAM dan media penyimpanan. Pilihan RAM adalah 8 GB dan 4 GB. Sementara untuk pilihan media penyimpanan bisa menggunakan SSD 256 GB, harddisk 1 TB dan gabungan keduanya.

Perpaduan layar yang lapang dengan prosesor dan kartu grafis canggih dari AMD tentunya membuat bermain game pun nyaman. Grafis dari game Dota 2 mengalir begitu lancar tanpa tersendat dengan laptop ini. Audionya pun memberikan pengalaman mendalam berkat ASUS Sonic Master. Dari segi konektivitas, port yang tersedia pun begitu lengkap, termasuk USB type-C dengan kecepatan transfer yang tinggi.

Lapangnya layar tak lantas membuat laptop menjadi besar berkat teknologi nano edge display dengan ultra narrow bezel. Dimensi ASUS VivoBook X505Z ini memang ringkas dengan ketebalan hanya 20,35 mm. Bobotnya pun ringan, hanya sekitar 1,6 kg sudah termasuk baterai.