Apakah Anda salah satu pengguna smartphone yang sering memainkan game fenomenal, Mobile Legends? Jika iya, maka kini saatnya Anda untuk mengetahui sebuah gamepad yang nampakny mampu menjadi senjata mematikan di dunia Mobile Legends ataupun game MOBA mobile lainnya, yakni GameSir T1s.

Gamepad besutan vendor China, GameSir ini menawarkan hal yang lebih dari gamepad lainnya. Pasalnya, perangkat mereka mampu dijadikan controller untuk memainkan game sejenis MOBA mobile. Hal itu hingga saat ini belum ditemukan pada gamepad pabrikan lainnya. Sehingga, fitur tersebut terlihat sangat menjanjikan, terlebih di tengah-tengah popularitas game MOBA mobile saat ini.

Tim redaksi Technologue.id mendapat tawaran langsung untuk mencicipi GameSir T1s. Kesempatan itupun sangat sayang untuk dilewatkan, sehingga akhirnya selama 2 minggu T1s menjadi senjata andalan kami untuk menghadapi beragam rintangan di dalam game-game yang ada, baik di smartphone ataupun PC.

Unboxing

Penampilan dan isi kotak dari GameSir T1s

GameSir T1s hadir dengan dibalut oleh kotak besar berwarna hitam, yang mengingatkan kami pada kotak-kotak perangkat Nokia 17 tahun lalu. Dibagian depannya terdapat gambar yang menjelaskan jika perangkat ini hadir sebagai pelengkap aktifitas gaming pengguna smartphone. Terdapat pula penjelasan jika perangkat ini bisa terhubung secara wireless ataupun wired.

Ketika tutup kotak diangkat, terlihat T1s terbaring ditempat khusus yang disediakan oleh GameSir. Warna hitam mendominasi seluruh bagian dalam kotak, begitu pula dengan perangkatnya sendiri.

Ketika “kasur” dari T1s diangkat, tidak banyak benda lain yang dapat Anda temui di dalamnya. Hanya sebuah buku manual dan juga kabel USB yang menjadi penghubung sekaligus alat pengisi daya baterai dari perangkat tersebut, sayangnya kami tak dapat menemukan Adapter di dalamnya.

Desain

Penampilan GameSir T1s

Sebelum membahas “cita rasa” yang diberikan oleh GameSir T1s, mungkin ada baiknya untuk tim redaksi Technologue.id membahas penampilan dari perangkat tersebut. Kesan pertama yang diberikan oleh gamepad dari GameSir ini adalah premium.

Tampilan premium dari GameSir T1s hadir berkat tekstur kulit pada bagian handle-nya. Dari wujudnya pun perangkat ini mirip dengan controller dari PlayStation 3, sehingga sangat cocok bagi mereka penggemar controller besutan Sony.

Terdapat lampu LED pada keempat tombol utamanya, yakni tombol A, X, Y, dan B. Penggunaan kode tombol dengan huruf tersebut membuatnya sedikit mirip dengan controller keluaran XBOX, namun akan mengeluarkan cahaya lampu ketika gamepad diaktifkan, yang warnanya disesuaikan dengan tombol-tombol itu sendiri.

Sebagai perangkat yang ditujukan untuk perangkat mobile, tidak heran jika GameSir T1s dilengkapi dengan sebuah dudukan khusus yang mampu menahan sebuah smartphone hingga berukuran 5,5 inci. Holder tersebut terbilang solid, walau hanya memanfaatkan bahan plastik.

Tombol Trigger atau tombol L dan R dari perangkat ini serupa dengan yang ditawarkan oleh PS3, pun demikian kesan yang diberikan saat tim redaksi Technologue.id menekan tombol tersebut jauh lebih baik. Bobot dari GameSir T1s juga terbilang pas, sehingga sama sekali tak terasa jika perangkat ini hanya dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah.

Konektivitas

GameSir T1s (source: GameSir)

GameSir T1s hadir sebagai gamepad yang bisa dihubungkan ke beberapa platform, seperti Windows, Android, iOS, Mac OS, dan juga PlayStation 3. Sehingga, perangkat tersebut bisa Anda percaya sebagai gamepad di berbagai perangkat lainnya yang membutuhkan.

Agar dapat terhubung dengan platform Windows dan juga Mac OS, Anda cukup memanfaatkan konektor yang diselipkan di bawah logo GameSir. Cukup hubungkan konektor tersebut ke port USB PC Anda, dan gamepad bisa langsung dimanfaatkan.

Untuk dapat dimanfaatkan ke perangkat Android dan iOS, Anda cukup menyalakan bluetooh di smartphone dan menekan tombol home bersama X selama 2 detik, secara otomatis perangkat akan terhubung.

Agar bisa memanfaatkan T1s di dunia Mobile Legends, Anda wajib melakukan beberapa konfigurasi tambahan. Silahkan meng-install aplikasi GameSir World ke dalam perangkat Anda, dan juga software Xiaoji Vtouch. Kedua software tersebut ditujukan untuk melakukan mapping. Berikut video yang akan mempermudah Anda dalam melakukan mapping.

Kinerja

GameSir T1s dapat dimanfaatkan untuk bermain game MOBA Mobile

Sebelumnya, tim redaksi Technologue.id juga memiliki gamepad lain keluaran iPega. Namun, terdapat perbedaan yang sangat besar diantara gamepad dari iPega dengan GameSir T1s. Jujur harus dikatakan, selain bobot yang mantap, T1s juga memberikan performa yang sangat baik, dengan waktu responsif yang cukup menyenangkan.

Ketika memanfaatkan T1s sebagai gamepad di berbagai game, seperti Mobile Legends di smartphone dan juga berbagai game PC yang tim redaksi Technologue.id punya, belum pernah tim redaksi Technologue.id merasakan lost controll. Sehingga, sepanjang permainan gamepad ini tidak menghalangi tim redaksi Technologue.id untuk meraih target di dalam game.

Saat memainkan Mobile Legends, gamepad ini sangat membantu dalam memberikan kontrol yang lebih. Pasalnya, tim redaksi Technologue.id yang bertangan besar seringkali tanpa sengaja menekan tombol home ketika memainkan game tersebut, yang disebabkan oleh tombol kontrol yang ada di layar. Namun, ketika menggunakan gamesir, tim redaksi Technologue.id tidak pernah lagi keluar dari game secara mendadak karena tidak sengaja menekan tombol home di smartphone.

Anda pun dapat menyesuaikan lokasi-lokasi tombol yang dirasa dapat membantu dalam melakukan beberapa kontrol pada karakter. Tidak hanya kontrol gerak, melakukan pembelian item pun tidak perlu menekan layar, tim redaksi Technologue.id biasanya mugaskan tombol L1 dan R1 sebagai langkah dalam membeli item di dalam permainan.

T1s dilengkapi dengan baterai berukuran 600mAh yang tidak bisa dilepas. Walau terlihat kecil, masa aktif dari perangkat besutan GameSir ini cukup panjang. Dengan waktu bermain sekitar 1 sampai 2 jam perharinya, baterai akan tetap tahan hingga 4 hari lamanya. Sehingga dapat disimpulkan jika GameSir T1s tidak cepat rewel dalam meminta pengisian daya ulang.

Kesimpulan

GameSir T1s

Secara keseluruhan, GameSir T1s adalah gamepad sempurna yang dapat dimiliki oleh siapa saja. Hal itu turut disebabkan oleh harga terjangkau yang dipatok untuk memilikinya. Pasalnya, Anda cukup merogoh kocek sedalam Rp 575 ribu untuk dapat memiliki T1s, yang notabene merupakan controller wireless + multi platform.

Selain itu, desain premium yang ditonjolkannya membuat kami pede untuk terus membawa GameSir T1s kemana pun. Daya tahan baterai yang panjang pun tak membuat kami khawatir untuk lost control ditengah-tengah permainan, terutama saat memain Mobile Legends yang membutuhkan fokus yang lebih.

Permainan pun terasa lebih menyenangkan. Sudut pandang jauh lebih luas, dengan tanpa adanya kemungkinan untuk menekan tombol home ataupun back yang tidak disengaja. Predikat MVP pun seringkali kami raih dengan mudahnya.

Namun, gamepad ini nampaknya kurang cocok bagi mereka yang telah terbiasa dengan model controller dari XBOX. Sehingga, dibutuhkan waktu lebih untuk mereka menyesuaikan diri, terutama dengan posisi dari tombol analog-nya.

Spesifikasi

  • Functions: Bluetooth,Vibration
  • Bluetooth Version: V4.0
  • Compatible with: Android, iOS, Windows, Mac OS, PlayStation 3
  • Connection Type: 2.4GHz Wireless,Bluetooth,Wired
  • Interface: Micro USB
  • Battery Capacity (mAh): 600mAh
  • Price: Rp 575.000,-

Baca juga:

GamePad Ini Permudah Main MOBA Mobile

Smartphone Khusus Main Game Segera Lahir, Siapa Pembuatnya?

Review: Andromax L, Smartphone Kelas Atas Smartfren dengan Android Marshmallow