Review: OPPO F3 Red Premium Limited Edition, Cantik Luar dan Dalam

Desain memukau dari OPPO F3 Red Limited Edition (foto: Andre Erlangga)

Technologue.id, Jakarta – OPPO kembali menghadirkan perangkat edisi terbatas yang kini hadir dari seri F3. Dengan menawarkan warna merah menyala yang menarik perhatian, perangkat tersebut diberi nama F3 Red Limited Edition.

Sebagai perangkat beredisi khusus dan terbatas dari seri F3, tentu perbedaan terlihat begitu kental. Pasalnya, pada F3 versi biasa Anda hanya akan disajikan yang ada pada umumnya, sedangkan warna merah pada F3 Red Premium ini hanya dapat dimiliki secara terbatas, yang tentu menjadikan Anda sebagai pengguna yang eksklusif.

Seperti kesan yang disajikan oleh OPPO F3 Red Limited Edition? Berikut hasil penelusuran tim redaksi Technologue.id terhadap perangkat tersebut.

Desain

Desain memukau dari OPPO F3 Red Limited Edition (foto: Andre Erlangga)

Desain dari F3 Red Premium Red Limited Edition berbeda dengan F3 versi biasa. Pun demikian, sudut yang membulat nampak menjadi ciri khas yang sudah tidak bisa dilepaskan lagi oleh OPPO hingga ke F3, yang merupakan senjatanya dalam menghadapi persaingan pasar smartphone kelas menengah.

Bahan metal yang mendominasi punggungnya tak mengubah ukuran serta desain dari F3 yang terbilang cukup tipis, yang pada edisi terbatas ini dihiasai dengan warna merah. Warna emas pun dapat Anda lihat pada beberapa titik, seperti garis antena serta logo OPPO di bagian tengah.

Pada bagian yang sama, Anda dapat melihat lensa kamera utama yang dikelilingi oleh warna emas berada di pojok kiri atas smartphone, yang berbaris secara horizontal dengan LED flash. Dua buah garis pada atas dan bawah smartphone seakan melindungi logo OPPO yang berada dibagian tengah sedikit ke atas.

Pada bagian sisi kanan smartphone, terdapat tombol power serta SIM tray, sedangkan di sisi kirinya merupakan tempat dari tombol volume smartphone tersebut. Speaker, micro USB port, dan lubang audio jack disatukan pada sisi bawah smartphone, yang berbaris rapih secara terurut dari kiri ke kanan.

Pada bagian depannya yang dipenuhi oleh warna hitam, layar IPS seluas 5,5 inci beresolusi 1080 x 1980 piksel dilapisi oleh Corning Gorilla Glas 5. Dua lensa kamera selfie, micro speaker, dan proximity sensor berbaris horizontal di atas layar. Sayangnya, kami tak menemukan LED flash di bagian tersebut. Tombol home berjenis capacitve touch yang juga bertugas sebagai pemindai jari berada di bawah layar.

Jika dijelaskan secara rinci, maka OPPO F3 merupakan smartphone berdimensi 153.3 x 75.2 x 7.3 mm. Beban yang harus ditanggung oleh penggunanya terbilang ringan, karena ponsel ini hanya memiliki bobot 153 gram.

Software

OPPO membekali F3 Red Premium Limited Edition dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. OS tersebut dilapisi oleh skin buatan OPPO, yakni ColorOS 3.0. Dengan demikian, jarang ditemukan ciri khas OS Android di dalam smartphone ini, berkat perubahan besar yang dibawa oleh skin tersebut.

Seketika ponsel diaktifkan dan siap digunakan, terdapat beberapa sudut yang mirip dengan iOS besutan Apple. Bahkan, ketika Anda mengunjungi panel opsi, maka bisa dipastikan para pengguna yang identik dengan Android stock akan kebingunan untuk menjelajahi laman pengaturan tersebut.

Walau terlihat berat, namun rupanya ColorOS 3.0 memiliki kinerja yang sangat smooth dan ringan. Sepanjang smartphone ini digunakan, kami sama sekali tidak menemukan lag ataupun force stop yang secara tiba-tiba.

Ketika menarik notification shades, hal pertama yang akan Anda temui adalah quick option, bukan informasi notifikasi. Agar dapat melihat notifikasi terbaru, Anda wajib untuk menggeser layar ke kanan. Nampaknya OPPO wajib untuk memperbarui tampilan drawer-nya tersebut. Ketika menggese dari bawah ke atas, maka tidak akan terjadi apapun, sehingga UI ini tak terlalu sama dengan iOS.

Semua aplikasi yang ingin Anda akses diposisikan pada home. Sehingga, UI ini tidak menciptakan ruang untuk app drawer. Semua aplikasi yang Anda install akan terpampang pada home. Jika lokasi tersebut telah penuh, maka silahkan menggeser layar ke kiri untuk mencari aplikasi yang telah Anda install tersebut.

Kamera

OPPO F3 Red Premium Limited Edition (foto: Andre Erlangga)

F3 Red Premium Limited Edition merupakan smartphone yang sempurna pada sisi kamera depannya. Bagaimana tidak? Perangkat tersebut dilengkapi dengan dual kamera selfie, yakni 16MP f/2.0 + 8MP f/2.4. Lensa 16MP bekerja layaknya lensa selfie pada umumnya, yakni menangkap foto dengan ruang yang terbilang sempit. Namun, lensa 8MP yang menemaninya memiliki angle yang lebih luas, atau yang disebut OPPO sebagai wide angle, dengan sudut penangkapan sebesar 120 derajat.

Pada software kamera depan yang dimilikinya, F3 menawarkan beragam fitur, seperti perekaman video hingga resolusi 1080p, Beauty, Panorama, Foto, hingga yang menarik adalah Time-Lapse. Keseluruhan fitur tersebut dapat turut digunakan pada lensa selfie wide-angle yang dimilikinya.

Pada bagian belakang, OPPO F3 Red Premium Limited Edition dibekali dengan lensa kamera 13MP f/2.2. Saat mendengar perangkat ini ditujukan untuk ber-selfie, penilaian Anda pada lensa kamera belakangnya tentu sangat minim, namun rupanya hal itu salah. Kamera tersebut bekerja dengan sangat baik, terlebih disaat kondisi cahaya yang mumpuni.

Detail serta perpaduan warna yang disajikannya cukup sempurna. Gambar yang diambil pun sangat pantas untuk dipajang di beragam sosial media Anda. Lensa kamera belakang ini menggunakan teknologi Samsung.

Performa

Sama halnya dengan F3 versi biasa, F3 Red Premium Limited Edition merupakan smartphone yang memadukan chipset MediaTek MT6750T dengan RAM sebesar 4GB pada bagian dalamnya. Kinerja dari chipset tersebut hampir serupa dengan chipset lain di kelasnya. RAM besar yang dimilikinya pun sangat membantu dalam menyempurnakan performa smartphone ini ketika disaingkan dengan ponsel lain sekelasnya.

Beragam aktifitas yang menyudutkan RAM serta performa chipset dari perangkat ini turut kami lakukan, seperti membuka banyak aplikasi, lalu berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Perangkat tidak mengalami lagging ataupun hang.

Tidak berhenti sampai disitu, uji coba gaming turut kami lakukan pada smartphone ini. Asphalt 8 adalah salah satu game dengan grafik berat yang mungkin harus Anda hinda untuk dimainkan bersama F3. FPS yang diraih ketika memainkan game ini terbilang kecil, dan membuat permainan kurang nyaman.

Ketika game online sekelas Vainglory ataupun Mobile Legends hendak Anda install kedalam smartphone ini, maka jangan pernah ragu. FPS yang hadir sudah lebih dari cukup untuk menikmati permainan secara nyaman. Beragam perintah yang Anda berikan pada karakter pun akan cepat dilakukan. Tidak ada lag sepanjang tim redaksi Technologue.id memainkan game tersebut selama 30-45 menit lamanya.

Seluruh kinerja smartphone ini ditopang oleh baterai sebesar 3.200 mAh. Ringannya ColorOS 3.0 membuat perangkat ini tidak rewel akan daya. Jika dihitung-hitung, sedari baterai berkapasitas daya 100% hingga habis, maka akan memakan waktu selama 10-12 jam. Aktifitas yang dilakukannya pun seperti bermain game, bertukar pesan, mengirim email, menangkap foto, serta melakukan panggilan.

Kesimpulan

Sebagai perangkat beredisi terbatas, F3 Red Premium Limited Edition sangat cantik pada bagian penampilannya. Warna merah dibagian punggung yang berpadu dengan layar hitam pekat serta beberapa corak emas membuatnya begitu memukau mata.

Pun demikian, perangkat ini tidak hanya cantik dari sisi penampilan. Performa yang disuguhkan dari perpaduan “jeroan” di dalam pun tidak bisa dianggap remeh. Anda yang membutuhkan performa perangkat kelas menengah sangat wajib untuk melirik perangkat ini. Pasalnya, segala aktifitas yang terbilang berat dapat diselesaikan dengan mudah.

Dengan demikian, OPPO F3 Red Premium Limited Edition tidak hanya cantik penampilannya, namun juga cantik performa yang ditunjukannya. Sehingga, perangkat ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil fancy sekaligus tak ingin ketinggalan langkah gerak dari pengguna perangkat smartphone lainnya.

Spesifikasi

Jaringan: 2G / 3G / 4G
Dimensi: 153 x 75.2 x 7.3 mm
Sistem Operasi: Android 6.0 (Marshmallow)
User Interface: ColorOS 3.0
Ukuran Layar: 5,5 inci
Jenis Layar: IPS
Resolusi Layar: 1080 X 1920 piksel
Kerapatan Layar: ~401 ppi
Kamera Belakang: 13MP f/2.2, phase detection autofocus, LED Flash
Kamera Depan: 16MP f/2.0 + 8MP f/2.4
Chipset: MediaTek MT6750T
Prosesor: Octa-core 1.5 GHz Cortex A-53
GPU: Mali-T860MP2
Kapasitas RAM: 4 GB
Memori Internal: 64 GB
Memori Eksternal: up to 256 GB (dedicated slot)
Kapasitas Baterai: 3.200 mAh

Baca juga:

Begini Mewahnya Kotak Penjualan OPPO F3 Red Premium – Limited Edition

Baru 2 Hari, Oppo F3 Red Edition Sudah Langka di Pasaran!

Trilogi Smartphone Oppo-FC Barcelona yang Gemparkan Pasaran