Review: Oppo F7, Selfie Memukau Berkat Kamera 25 MP dan AI Beauty

- Advertisement -

Desain Elegan OPPO F7

Layar smartphone ini tampak lapang dengan rasio 19:9 yang nyaris tanpa bezel. Rasio layar tersebut menghasilkan visual yang lebih luas 16% jika dibandingkan dengan rasio 16:9.Desain layar ini mirip dengan layar berponi ala iPhone X. Bahkan lebih luas dengan ukuran 6,23 inci, sementara iPhone X hanya berukuran layar 5,8 inci.

Resolusi layar adalah FHD+ atau 2280 x 1080 piksel dan diperkaya dengan 16 juta warna. Sehingga tampilan tampak begitu nyata. Grafis game pun tampak begitu sempurna ditayangkan di layar.

Bezel di bawah layar tampak begitu tipis. Di bagian bawah layar sendiri terdapat tiga tombol navigasi virtual yang dapat diatur urutannya dari menu Smart & Convenient. Sementara itu di poni atas layar terdapat kamera depan dan earpiece untuk mendengarkan percakapan saat melakukan voice call.

Sisi Depan Oppo F7 (Endah/Technologue..id)
Sisi Depan Oppo F7 (Endah/Technologue.id)

Dimensi smartphone pun terasa tipis dengan ketebalan hanya 7,8 mm. Kendati memiliki layar berukuran 6,23 inci, tidak lantas membuat smartphone ini bongsor. Bodi smartphone bahkan sepantaran dengan Huawei nova 2i yang memiliki layar berukuran 5,9 inci. Beratnya pun lebih ringan, hanya 158 gram saja. Sehingga Oppo F7 ini pun tetap nyaman digenggam dengan dimensinya yang pas di tangan.

Perbandingan dimensi Huawei nova 2i dengan Oppo F7 (Endah/Technologue.id)
Perbandingan dimensi Huawei nova 2i dengan Oppo F7 (Endah/Technologue.id)

Baca juga:

Review: Huawei nova 2i, Andalkan Empat Kamera dan Layar Super Lapang

Beralih ke sisi kanan smartphone, terdapat tombol daya yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan smartphone. Selain itu tombol tersebut juga bisa dipakai untuk mengunci layar. Di atas tombol daya terdapat lubang kecil untuk mengeluarkan tatakan kartu SIM dan micro SD. Tatakan atau tray yang tersedia pada smartphone ini memiliki tiga slot. Dua untuk memasukkan SIM card berukuran nano dan satu lagi untuk menyisipkan kartu micro SD.

Sisi kanan Oppo F7 (Endah/Technologue.id)
Sisi kanan Oppo F7 (Endah/Technologue.id)

Tatakan kartu SIM dan miro SD Oppo F7 (Endah/Technologue.id)
Tatakan kartu SIM dan miro SD Oppo F7 (Endah/Technologue.id)

Sisi kiri smartphone terlihat lebih polos yang hanya memuat tombol volume. Kepolosan desain pun tampak pada bagian atas smartphone. Sementara itu di bagian bawah terasa agak ramai dengan adanya speaker, port micro USB, mikrofon dan jack audio 3,5 mm. Ketika earphone dipasang, tak hanya bisa menggunakannya sebagai handsfree saja, tetapi juga bisa dipakai sebagai antena saat ingin mendengarkan radio.

Sisi kiri Oppo F7 (Endah/Technologue.id)
Sisi kiri Oppo F7 (Endah/Technologue.id)

Sayangnya pada paket smartphone ini tidak tersedia kabel OTG, padahal smartphone ini sudah didukung fitur OTG. Ketika kabel OTG dipasang, smartphone ini bisa digunakan untuk membaca flash disk atau pun dihubungkan dengan perangkat lain dengan koneksi USB.

Pada bagian belakang smartphone terdapat satu kamera dengan resolusi hingga 16 MP dan bukaan lensa f/1.8. Tepat di sebelah kamera terdapat lampu flash LED untuk menambah pencahayaan. Selain itu juga tersemat sensor sidik jari dengan logo Oppo di bawahnya. Warna sisi belakang sesuai dengan pilihan warna yang tersedia. Pada uji coba Technologue.id, sisi belakang smartphone berwarna merah menyala, sesuai tema Solar Red.

Sisi belakang Oppo F7 (Endah/Technologue.id)
Sisi belakang Oppo F7 (Endah/Technologue.id)

- Advertisement -

Latest News

Related Stories