Technologue

Review OPPO RENO 4, Ponsel dengan Segudang Fitur Fotografi

Technologue.id, Jakarta – OPPO resmi memboyong Reno 4 ke Indonesia. Ponsel generasi terbaru seri Reno ini hadir dengan sejumlah fitur fotografi terbaru.

OPPO Reno 4 diklaim mampu menghasilkan jepretan terbaik serta memunculkan tren baru dalam industri fotografi ponsel. Hal ini sesuai dengan tagline yang diusung, yakni “Clearly the Best You“.

Lantas bagaimana pengalaman menggunakan OPPO Reno 4? Berikut Technologue.id sajikan review lengkapnya.

Desain dan Layar

OPPO Reno 4 hadir dengan dua pilihan warna yaitu space black dan galactic blue. Pada kesempatan ini, kami mendapatkan perangkat review dengan warna galactic blue, dimana warna birunya begitu solid di bagian tengah dan memudar menjadi silver ketika memasuki area tepi.

OPPO Reno 4


Ponsel teranyar ini memiliki ketebalan yang sangat tipis, hanya 7.7mm, menjadikan Reno 4 lebih tipis 0,15mm dari pendahulunya yakni Reno 3. Desain yang tipis dan ringkas juga membuat perangkat ini hanya memiliki bobot 165g sehingga sangat ergonomis saat digenggam.

OPPO meletakan tombol volume up dan down beserta tray SIM Card yang sudah mampu menampung 2 buah SIM Card dan satu microSD di sisi kiri ponsel. Sedangkan di sisi kanan bodi bercokol tombol power.

OPPO Reno 4


Pada sisi bawah ponsel terdapat jack audio 3,5mm, port USB type C, mikrofon, dan speaker. Sementara di bagian belakang bodi tersemat kamera yang terdiri dari empat buah lensa.

Untuk layarnya sendiri, OPPO Reno 4 menggunakan panel AMOLED 6,4 inci yang dilapisis Corning Gorilla Glass 5 dengan dual punch hole di sisi kiri atas. Tampilan layarnya begitu jernih dan memanjakan mata meskipun saat berada di bawah cahaya matahari.

OPPO Reno 4


Tidak lupa di bawah layarnya disematkan sensor pemindai sidik jari atau fitur fingerprint yang mampu membaca dengan sangat cepat. Menariknya, ketebalan fingerprint ini hanya 0,27 mm sehingga mampu menjaga bodi ponsel tetap tipis.

Di bagian atas kiri layar, terdapat punch hole letak bersemayam kamera selfie dan AON Smart Sensor. Sensor ini berfungsi untuk membuat perangkat tetap menyala saat mendeteksi wajah pengguna, mencegah orang lain mengintip perangkat lewat fitur smart spying prevention, serta memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno 4 tanpa menyentuh layar.

Baca Juga:

Review vivo X50 Pro: Kamera Mumpuni untuk Fotografer Mobile Professional

Kamera

Sebagai ponsel yang mengunggulkan kemampuan fotografi, OPPO membekali Reno 4 dengan quad kamera belakang yang disusun secara vertikal mencakupi 48MP kamera utama, 8MP kamera ultra wide, 2MP kamera macro, serta 2MP kamera mono. Sedangkan kamera depannya sendiri OPPO menyematkan kamera 32MP.

OPPO Reno 4


Jajaran kamera ini didukung dengan sejumlah software kreatif yang menghadirkan pengalaman fotografi baru nan ciamik. Salah satunya adalah AI Color Portrait yang memungkinkan background foto dan video menjadi hitam dan putih namun tetap menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya.

Hasil Foto AI Color Portrait


Fitur fotografi lain yang tak kalah menarik adalah Night Flare Portrait. Dimana fitur ini akan menghasilkan efek bokeh pada lampu yang memberikan kesan artistik di background. Fitur ini akan lebih maksimal hasilnya jika lampu ada dalam jumlah yang banyak.

Hasil Foto Night Flare Portrait


Sementara untuk kemampuan videografi, OPPO Reno 4 memiliki fitur Monochrome yang merupakan gabungan dari tiga jenis filter video. Fitur ini akan mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari objek di dalam video, sementara lingkungan yang lain dalam video hanya memiliki warna hitam dan putih.

Fitur Monochrome OPPO Reno 4


Ponsel generasi teranyar Reno Series ini juga mampu mengambil video gerakan lambat dalam 960fps @ 720P, 480fps @ 1080P, 240fps @ 720P, dan 120fps @ 1080P di kamera belakang. Sedangkan untuk kamera depannya, kita diizinkan untuk mengambil video gerak lambat dalam 240fps @ 720P dan 120fps @ 1080P.

Fitur Slow Motion di OPPO Reno 4


OPPO Reno 4 juga turut menghadirkan kemampuan fotografi yang dimiliki oleh pendahulunya. Ultra Clear 180MP Image, Ultra Dark Mode, Ultra Night Selfie Mode, hingga kemampuan Zoom yang gahar juga disikat habis untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengguna.

Hasil Foto Reno 4 (Normal)
Hasil Foto Reno 4 (Selfie Camera)
Hasil Foto Reno 4 (Ultra Wide)
Hasil Foto Reno 4 (Zoom 5x)
Hasil Foto Reno 4 (Zoom 10x)
Hasil Foto Reno 4 (Macro)

Performa

OPPO Reno 4 dibekali prosesor Snapdragon 720G serta GPU Adreno 618 dengan paduan RAM 8GB dan ruang penyimpanan 128GB. Snapdragon 720G sendiri dibekali dengan CPU Kryo 465 dengan 6 core Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz serta dual core Cortex-A76 berkecepatan 2.3GHz.

Hardware OPPO Reno 4


Dengan komposisi tersebut, ponsel ini sangat responsif untuk kegiatan sehari-hari mulai dari membuka media sosial hingga bermain gim. Tidak ada lag meskipun melakukan multitasking mulai dari membuka WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Kami mencoba menjalankan game PUBG pada konfigurasi rata kanan. Hasilnya, game tersebut mampu berjalan dengan mulus tanpa tersedat-sendat. Suhu Reno 4 juga tidak berubah menjadi panas meskipun diajak bermain selama hampir satu jam.

PUBG di OPPO Reno 4


Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu, Geekbench dan PCMark.

Skor Benchmark OPPO Reno 4

Baca Juga:

Review realme C15: Smartphone Rp2 Jutaan dengan Baterai 6.000mAh dan 18W Quick Charge

Baterai

OPPO Reno 4 hadir dengan baterai berkapasitas 4015 mAh yang didukung dengan pengisian daya cepat VOOC 4.0 30W. Tidak berbeda jauh dengan klaim OPPO yang menyebut mampu mengisi baterai sebanyak hingga 50% dalam 20 menit, kami pun mendapati baterai Reno 4 terisi setengahnya dalam waktu yang kurang lebih sama.

Daya tahan baterai Reno 4 juga terbilang dapat diandalkan. Untuk pemakaian wajar ponsel ini dapat bertahan selama sehari penuh. Ketika bermain game secara non stop ponsel ini bisa bertahan kurang lebih hingga 4 jam.

Kesimpulan

Meluncur dengan harga Rp 5 Jutaan, OPPO Reno 4 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendapat pengalaman fotografi lebih dari sebuah perangkat ponsel. Tidak diragukan lagi, ponsel ini mampu menghasilkan foto maupun video berkualitas tinggi dengan segudang fitur mumpuni.

OPPO Reno 4 ini juga sangat baik untuk kebutuhan sehari-hari seperti multitasking dan lainnya. Performa yang ditawarkan ketika bermain game pun cukup gahar berkat prosesor Snapdragon 720G.

Sayangnya bodi yang ringan dan tipis justru bisa menjadi dua mata pisau bagi OPPO Reno 4 karena terkesan ringkih. Desain kamera belakang yang menjorok keluar hingga melebihi softcase juga membuat kamera ponsel ini rawan sekali lecet.

Sepesifikasi

Jaringan: 2G/3G/4G
Dimensi: 160.3mm×73.9mm×7.7mm
Bobot: 165g
Sistem Operasi: Android 10
Ukuran Layar: 6,4 inci
Jenis Layar: AMOLED
Resolusi Layar: FHD+: 2400 x 1080
Kerapatan Layar: 409 ppi
Kamera Depan: 32MP (F2.4)
Kamera Belakang: 48MP (F1.7) + 8MP Ultra (F2.2) +2MP (F2.4) + 2MP (F2.4)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 720G
Kapasitas RAM: 8 GB LPDDR4x
Memori Internal: 128 GB
Memori Eksternal: microSD
Kapasitas Baterai: 4015 mAh
PIlihan Warna: Space Black/Galactic Blue