Technologue.id, Jakarta – Setelah membahas kemampuan kamera OPPO F3 Red Premium Limited Edition secara mendalam pada artikel sebelumnya. Kini saatnya membahas salah satu sudut yang banyak diragukan oleh banyak orang dari perangkat tersebut, yakni performa.

Pemanfaatan chipset MediaTek MT6750T yang disematkan OPPO ke dalam Red Premium Limited Edition sudah pasti menjadi alasannya. Pun begitu, chipset tersebut dikolaborasikan dengan RAM yang sebesar 4GB, yang tentu menjadikan kinerja dari perangkat ini tersebut meningkat berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Perangkat itupun tanpa disadari dijadikan andalan di setiap kesempatan dalam memainkan game yang tengah trend di tahun 2017 ini, seperti Mobile Legends dan Vainglory. Kedua game tersebut membutuhkan spesifikasi yang tidak bisa dianggap remeh. Mampukah OPPO F3 Red Premium Limited Edition menjalankannya dengan sempurna?

- Advertisement -

Performa Chipset MediaTek MT6750T dan RAM 4GB

MediaTek MT6750T sendiri merupakan chipset yang dibekali dengan delapan inti Cortex A-53 yang mampu mencapai kecepatan hingga 1.5GHz. Di dalamnya turut tersemat GPU Mali-T860MP2, yang masuk ke dalam kategori pengolah grafis kelas menengah ke atas.

Kala memainkan Mobile Legends, sangat sulit untuk menemukan gerakan patah-patah atau lag, yang ditimbulkan oleh perangkat ini. Permainan berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Efek yang dimunculkan pun terlihat sempurna, dan tidak ada pengalaman buruk selama memainkan game tersebut di dalam OPPO F3 Red Premium Limited Edition.

Game kedua yang menjadi incaran kami adalah Vainglory. Dari segi grafis, game ini jauh lebih berat dibandingkan Mobile Legends. Reflek karakter pun terlihat begitu halus, ditambah lagi dengan grafis yang tidak kurang sepersen pun yang kami terima.

Waktu respawn dari karakter kami di dalam game Vainglory pun kami manfaatkan untuk mencoba memindahkan layar permainan dari posisi default. Kembali, kami tak menemui adanya lag yang ditunjukan pada layar perangkat.

Ketika perangkat dengan chipset yang lebih rendah dari MT6750T akan terdapat tanda-tanda kewalahan dalam menjalankan kedua game tersebut. Dan harus diingat, kami memainkan game sembari merekamnya dengan fitur record dari Google Play, yang pastinya membutuhkan kinerja yang lebih besar.

RAM 4GB yang ditawarkan oleh OPPO F3 Red Premium Limited Edition sangat membantu kami, terlebih disaat harus berpindah-pindah aplikasi. Anda pun bisa melihatnya pada video, ketika berpindah dari tengah permainan Vainglory menuju aplikasi Facebook, tidak ada gerakan lambat yang ditunjukannya. Waktu load dari aplikasi itu juga tidak lama.

Ketika berpindah lagi ke aplikasi Instagram, feed tampil dengan cepatnya. Dan, ketika memutar video yang tersaji, tidak butuh waktu lama untuk kami dalam menikmatinya. Hal yang mengejutkan adalah speaker dari perangkat ini, yang menghantarkan suara secara hampir sempurna.

Alhasil, tanpa disadari perangkat ini menjadi perangkat langganan dalam ber-streaming ria. Selain suara, kualitas layar IPS 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pikselnya pun turut memanjakan mata saat menikmati video.

Baterai 3200mAh yang Awet

Berbicara soal daya, perangkat ini dibekali dengan baterai sebesar 3200 mAh. Walau ukuran tersebut terbilang sedang di tahun 2017 ini, namun rupanya perangkat mampu untuk tetap aktif hingga hari menjelang malam tanpa harus di-charge sekalipun. Kami pun tak perlu khawatir akan hilangnya daya secara mendadak.

Ketika di-charge, baterai dari perangkat ini pun tak membutuhkan waktu lama untuk penuh. Hanya kurang dari 2 jam dari kondisi 5% hingga 100% dalam mengisi ulang dayanya.

Itulah hasil review performa dari OPPO F3 Red Premium Limited Edition. Seperti yang telah seringkali diungkapkan, perangkat ini tidak hanya cantik dari segi penampilannya saja, namun juga performa yang ditawarkan kepada setiap penggunanya.