Review: Realme 2, Smartphone Poni Bling-bling Harga Miring

- Advertisement -

Software

Sistem operasi yang digunakan pada Realme 2 adalah Android Oreo 8.1.0 yang dikemas dengan antar muka ColorOS versi 5.1. Layaknya smartphone Android, tentu saja ada aplikasi-aplikasi bawaan dari Google dan fungsi yang pada umumnya terdapat pada smartphone. Selain itu, smartphone ini juga memiliki aplikasi tambahan lain, yaitu Game Space, Facebook, Lazada, UC Browser, Kwai, beberapa aplikasi berbahasa Vietnam yang terdiri dari VN Ngay Nay, Zalo, Zing MP3 dan Bao Moi.

Tentunya banyak yang sudah tak asing dengan aplikasi jejaring sosial Facebook. Aplikasi jejaring sosial lain adalah Kwai yang berbasis video. Sementara itu UC Browser dapat digunakan sebagai browser alternatif selain Chrome. Bagi yang hobi berbelanja bisa memakai Lazada.

Pada pengaturan bar notifikasi dan status, Anda bisa mengaktifkan tampilan persentase baterai dan kecepatan jaringan pada bar status. Sementara itu pada pengaturan bar notifikasi, Anda bisa mengaktifkan bar ini pada Lockscreen dan menampilkan penggunaan data di bagian bawah. Seperti telah disinggung sebelumnya, Anda pun bisa mengatur posisi softkey yang digunakan untuk navigasi dan tersedia juga fitur Assistive Ball.

Bila ingin memperbarui software pada smartphone ini secara manual, Anda bisa memilih Software Updates  pada menu Settings. Bila ingin melakukan pembaruan secara otomatis, masuk ke menu Settings dalam menu Software Updates, lalu geser bar pada menu Auto-update Overnight hingga berwarna hijau.

Demi menjaga kesehatan mata, Anda dapat menghindari sinar biru dari layar dengan masuk ke menu Night Shield yang terdapat  pada menu Display & Brightness. Aktivasi fitur ini dapat dilakukan dengan segera atau secara terjadwal. Suhu warna pun dapat diatur agar sesuai dengan efek perlindungan mata yang diinginkan.

Sesuai dengan namanya, pengaturan Quiet Time berfungsi untuk mengaktifkan mode silent tanpa getar. Saat mode tersebut aktif, maka tampil simbol bulan pada bar status dan semua peringatan pun mati kecuali yang telah diizinkan. Tetapi ada juga aplikasi yang tak dapat dimatikan peringatannya, yaitu alarm jam dan pewaktu hitung mundur.

Generasi muda yang gaul umumnya memiliki lebih dari satu akun. Realme 2 memahami hal tersebut dengan menyediakan Clone Apps untuk bisa login lebih dari satu akun media sosial. Layanan bawaan yang sudah tersedia pada aplikasi ini adalah Facebook dan Zalo. Zalo adalah aplikasi untuk bertukar pesan suara garapan developer Vietnam. Tentu saja Clone Apps juga dapat digunakan bagi yang ingin memisahkan akun pribadi dengan akun bisnis.

Perangkat ini juga memungkinkan untuk membelah layar untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Aktifkan terlebih dahulu fitur ini dengan masuk ke pengaturan App Split-screen di menu Settings. Pembelahan layar dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol multitask agak lama. Sayangnya bidang layar yang dibelah tidak bisa diubah sesuai keinginan. Selain itu bisa juga membelah layar dengan mengusap tiga jari dari bawah ke atas. Jangan tertukar dari atas ke bawah ya, karena fungsi tersebut berfungsi untuk screen shot.

Tak hanya menangkap layar dalam bentuk foto, tersedia juga fitur untuk merekam layar dalam bentuk video. Fitur ini dapat diaktifkan dari menu Screen Recording yang dapat diakses dari menu System Apps yang terdapat pada Settings. Perekaman layar tersebut dapat dimulai dengan menekan tombol Start Screen Recording yang ada pada bar notifikasi.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories