Review Realme 3: Ekonomis, Layar Lebar, dan Poni Tipis

Perpaduan Android Pie dan MediaTek Helio P60

Realme 3
Realme 3 (Aqmal Maulana / Technologue.id)

Sebagai kelas menengah, Realme 3 cukup memerhatian kinerja sistem secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari penggunaan Color 6 yang berbasis sistem operasi terbaru, Android Pie dan chipset octa-core kelas menengah MediaTek Helio P60.

Soal performa, Realme 3 mumpuni untuk kebutuhan multimedia kelas menengah keatas. Di sisi lain, hal itu juga ditunjang dengan kapasitas RAM yang cukup, yakni 3 GB atau 4 GB.

CPU-Z Realme 3
CPU-Z Realme 3 (Aqmal Maulana / Technologue.id)

Chipset Helio P60 sendiri dibekali dengan dua buah prosesor quad-core Cortex-A73 dan Cortex-A53 yang masing-masing berkecepatan 2 GHz serta pemroses grafis Mali-G72 MP3. Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini pun mampu memainkan game 3D dengan cukup lancar pada konfigurasi Medium.

Untuk mencoba kemampuannya saat diajak bermain game, Technologue menjalankan game Asphalt 8: Airborne pada konfigurasi Medium. Hasilnya, game tersebut mampu berjalan tanpa tersedat-sendat.

Di sisi lain, kemampuan multimedianya pun terbilang sudah cukup memuaskan. Menonton film, membuat video, dan mendengarkan musik terasa sangat lancar. Begitu juga untuk kemampuan multitasking, smartphone ini mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan mulus. Contohnya saja, WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu versi 6, Geekbench 4 dan PCMark.

Benchmark Realme 3
Benchmark Realme 3 (Aqmal Maulana / Technologue.id)

Recent Articles

Berbagi Informasi Tentang Era New Normal, PT. Datascrip dan Canon Gelar Halal Bihalal Virtual

Technologue.id, Jakarta - Menyambut era normal baru di berbagai kota di Indonesia, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di...

Fast and Furious Crossroads Siap Rilis Bulan Agustus

Technologue.id, Jakarta - Fast & Furious Crossroads bawa mobil, gadget, dan keluarga ke PC, PS4, dan Xbox One pada 7 Agustus 2020.

Facebook ‘Todong’ Akun yang Tebar Konten Viral

Technologue.id, Jakarta - Facebook dikabarkan mulai menyoroti akun yang sering membagikan postingan viral. Kebijakan ini diambil guna memastikan akun tersebut asli dan...

The Last of Us Part II Segera Hadir dengan Seagate Game Drive Edisi Terbatas Berlisensi Resmi

Technologue.id, Jakarta - Seagate memperkenalkan Seagate Game Drive 2 TB The Last of Us Part II Edisi Terbatas Berlisensi Resmi, yang akan...

Keren! Dokter Ini Kenakan APD Bertema Superhero

Technologue.id, Jakarta - Kecintaannya terhadap tokoh-tokoh superhero membuat nama Dokter Rollando Erric Manibuy melejit di media sosial. Ia menjadi sorotan warganet setelah...

Related Stories