Technologue.id, Jakarta – Menuai respon yang terbilang positif di Indonesia membuat Realme tak sungkan menggelontorkan berbagai perangkat terbarunya. Belum lama ini Realme meresmikan hadirnya Realme 3 Pro dan Realme C2 di Tanah Air.

Tak butuh waktu lama bagi dapur pengujian Technologue.id mendapat kesempatan untuk menguji secara langsung performa dan kemampuan dari Realme C2. Seperti apa ulasannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kelengkapan

Paket penjualan Realme C2 (Aldi/Technologue.id)

Unit Realme C2

- Advertisement -

Head charger

Kabel micro USB

SIM Ejector

Desain

Kesan pertama, saya cukup suka dengan desain yang ditawarkan oleh Realme C2. Mengapa? Karena Realme C2 mengadopsi desain back cover yang beda dari biasanya. Menurut Realme, bagian penutup belakang yang menggunakan material polycarbonate ini telah melalui proses pengecatan 3 lapis dan diberikan partikel mutiara yang berkilau dan memberikan efek sentuhan yang berbeda saat digenggam.

Tampak bagian belakang Realme C2 (Aldi/Technologue.id)

Pada bagian belakang terdapat dual kamera dan LED flash yang berjajar horizontal. Anda tidak akan menemukan pemindai sidik jari karena memang Realme tidak menyertakannya.

Sementara untuk tata letak tombol, tombol power dan volume terletak terpisah. Tombol power di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri. Tombol navigasinya menggunakan tombol virtual yang menyatu di dalam layar.

Port micro USB berada di sisi bawah, bersanding dengan lubang speaker dan port jack audio 3,5 mm. Sementara slot SIM tray berada di sisi kiri yang sudah bisa menamping dua SIM Card dan satu microSD.

Pada bagian muka terdapat layar seluas 6,1 inci dengan notch berbentuk dewdrop. Rasio layar ke bodi Realme C2 mencapai 89,35%. Untuk perlindungannya, Realme telah melapisi ponsel ini dengan proteksi dari Corning Gorilla Glass.

Bagian layar ini juga telah disempurnakan dengan material APCF yang berguna untuk meningkatkan kecerahan layar walaupun berada di bawah guyuran sinar matahari.

Spesifikasi dan Performa

Realme C2 menawarkan performa yang mengandalkan prosesor MediaTek MTK6762R dengan kecepatan 2.0 GHz. Kinerjanya diperbantukan RAM 3 GB dan internal 32 GB. Sektor pengolahan grafisnya dipercayakan pada GPU Cortex A53. Guna menemani Anda seharian beraktifitas, tertanam sumber daya baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

Sistem operasinya sudah menggunakan seri Android terbaru, yakni Android Pie 9 yang dilapisi dengan user interface ColorOS 6.0.

Tak lupa terlebih dahulu kami melakukan pengujian benchmark dengan menggunakan dua aplikasi, AnTuTu Benchmark dan GeekBench. Berikut hasil yang diperoleh:

Hasil benchmark Realme C2 (Aldi/Technologue.id)

Meski tak ditujukan secara khusus untuk gaming, namun Realme C2 telah dilengkapi dengan sebuah aplikasi bernama Game Space. Melalui Game Space, pengguna bisa memaksimalkan pengalaman gaming di ponsel ini. Selain itu juga, dengan mengaktifkan fitur ini maka notifikasi yang masuk tidak akan mengganggu momen-momen bermain game. Lewat aplikasi ini juga pengguna dapat melakukan screenshot dan merekam tampilan layar saat bermain game dengan mudah. Cukup melakukan slide di bagian kanan atas layar, maka akan muncul popup berisi menu-menu tersebut.

Fitur game space di Realme C2 (Aldi/Technologue.id)

Saya mencoba memainkan game Mobile Legends, yang ternyata bisa dilalui tanpa kendala. Saya pun tergoda untuk mencoba memainkan game PUBG Mobile. Sayangnya hasil yang didapat tak semulus saat memainkan game Mobile Legends. Gambar terasa sedikit patah-patah, meski pengaturan grafis sudah low.

Untuk fitur keamanannya, meski fingerprint scanner absen dari Realme C2, sebagai gantinya Realme membenamkan teknologi face unlock berupa AI face recognition, yang mampu mengidentifikasi 128 titik wajah.

Urusan sensor yang ditanamkan terbilang lengkap. Mulai dari accelerometer hingga magnetic dan gyroscope sensor hadir di dalam ponsel pintar ini.

Kamera

Sektor fotografi Realme C2 dimotori dual camera 13MP+2MP sebagai penembak utamanya. Kamera belakang ini sudah mendukung mode potrait, HDR, AI Beauty Selfies, dan kemampuan merekam video 1080p dan slomo 80fps/480p. Sedangkan kamera depannya mengandalkan lensa 5MP.

Kamera belakang Realme C2 (Aldi/Technologue.id)

Untuk memaksimalkan hasil jepretannya, Realme membekali Realme C2 dengan Chroma Boost Mode. Fitur ini merupakan teknologi AI untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan kamera ponsel saat mengabadikan gambar. Mode ini dapat meningkatkan dynamic range, menajamkan detail yang lebih kaya highlight dan shadow, serta memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Berikut ini beberapa hasil jepretan kamera dari Realme C2:

Kesimpulan

Realme C2 disematkan banderol harga Rp 1.699.000, yang notabene relatif terjangkau. Soal kemampuannya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari sudah tidak diragukan. Ditambah kapasitas baterai 4.000 mAh yang bisa diandalkan seharian penuh. Ditambah desain yang tak pasaran bisa menjadi nilai lebih dari Realme C2.