Performa Mulus dengan Chipset Kelas Atas dan Android Pie 9

Samsung Galaxy A80
Samsung Galaxy A80

Untuk menunjang performanya, Samsung Galaxy A80 ditenagai oleh chipset Snapdragon 730 dan ditunjang dengan RAM berkapasitas 8 GB. Chipset tersebut sendiri terdiri dari dua buah prosesor, yakni dual-core Kryo 470 Gold dengan kecepatan 2,2 GHz dan hexa-core Kryo 470 Silver dengan kecepatan 1,8 GHz. Sementara untuk memproses grafis, ada GPU Adreno 618.

Screenshot CPU-Z Samsung Galaxy A80
Screenshot CPU-Z Samsung Galaxy A80

Tak cuma soal spesifikasi hardware yang cukup kencang untuk kelas menengah atas, Galaxy A80 juga ditunjang dengan sistem operasi Android Pie 9.0 dan interface OneUI yang optimal sehingga tampilan transisi antar menu bisa dilakukan dengan sangat lancar.

Soal kemampuan multitaskingnya, smartphone ini mampu menjalankan berbagai aplikasi kelas menengah secara bersamaan tanpa tersendat-sendat, seperti WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Untuk melakukan pengujian saat bermain game, Technologue mencoba salah satu game Android yang cukup berat, yakni Asphalt 8: Airborne. Ketika diuji dengan menggunakan konfigurasi High, game ini masih bisa berjalan lancar dengan angka rata-rata fps yang sangat tinggi.

Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu versi 6, Geekbench 4 dan PCMark.

Screenshot Benchmark Samsung Galaxy A80
Screenshot Benchmark Samsung Galaxy A80