Review: Samsung Galaxy J7 Pro 2017, Tampil Lebih Premium dari J7 Prime

Aplikasi dan Antarmuka

Mengusung TouchWiz UI terbaru yang berbasis Android Nougat 7.1 membuat transisi antar menu pada Galaxy J7 Pro terasa sangat lancar. Tampilannya juga tampak sederhana namun tak mengurangi fungsionalitasnya. Desain interfacenya sendiri tak berbeda dengan yang ada pada Galaxy S8.

Seperti smartphone Android kebanyakan, untuk menu shortcut dan notifikasi, pengguna bisa mengaksesnya dengan cara menariknya dari atas ke bawah layar. Ada cukup banyak yang bisa diakses dari menu shortcut, seperti pengaturan kecerahan layar, mode ultra data saving, mobile hotspot, GPS dan lain-lain.

Ada beberapa aplikasi tambahan yang diberikan secara pre-install untuk memberikan nilai tambah dari sisi fungsionalitas. Di antaranya adalah Voice Recorder, Email, My Files, Internet, Galaxy Apps dan Samsung Health.

Samsung memang tidak menyertakan aplikasi untuk menjaga kinerja sistem, namun ia menyematkan fitur bernama device maintenance pada menu setting. Ini berfungsi untuk melakukan optimalisasi sistem agar performanya tetap terjaga, seperti membuang file yang tak berguna dan cache serta menutup aplikasi background.