Review: Samsung Galaxy Note 9, Memori Lega, Nilai Plus di S Pen

Kamera Pintar Berbalut AI

Konfigurasi kamera belakang pada Galaxy Note 9 menyerupai Galaxy S9 Plus. Modul dual-lensa di bagian belakang terdiri dari dua lensa 12MP dengan optical image stabilization (OIS) ganda, dan satu lensa memiliki disk mekanis yang memungkinkan aperture variabel. Artinya, lensa utama dapat beralih antara aperture f/1.5 dan f/2.4, sehingga Galaxy Note 9 akan unggul dalam melakukan fotografi cahaya rendah.

Sementara itu, lensa kedua memiliki aperture f/2.4, dan dapat menangani 2x optical zoom. Dari tes singkat yang kami lakukan, rana kamera bereaksi dengan cepat, dan foto tampak jernih. Itu semua karena kecerdasan buatan (AI).

Seperti tren kamera saat ini, Samsung telah menyuntikkan AI ke dalam kameranya. Kamera dapat mendeteksi hingga 20 kategori, seperti matahari terbenam atau hewan peliharaan. “Scene Optimizer” mempelajari adegan ini setelah menerima ratusan bahkan ribuan gambar yang serupa, dan kemudian menyesuaikan foto agar cocok dengan pemandangan yang ideal. Misalnya, jika Anda mengarahkan kamera ke matahari terbenam dan mengambil foto, AI akan tahu cara menyesuaikan eksposur, warna, dan contrast foto agar terlihat lebih baik dari sebelumnya. Butuh waktu kurang dari satu detik untuk kamera mengidentifikasi scene.

AI mendeteksi food scene. Ada lambang ‘spoon and fork’ di sana (Choiru Rizkia/Technologue.id)

AI juga digunakan untuk Flaw Detection. Jika Anda mengambil foto dan seseorang berkedip, akan muncul pop-up di aplikasi kamera yang berisi peringatan agar kembali mengambil foto. Sistem ini juga dapat mengidentifikasi ketika dalam posisi backlight, atau ketika ada noda pada kamera.

Lensa kedua tak hanya berfungsi untuk memperbesar tampilan objek foto saja, tapi juga memiliki trik khusus untuk memperoleh efek bokeh yang biasanya hanya bisa didapat bila menggunakan kamera profesional. Meski tidak sempurna, efek bokeh yang dihasilkan Note 9 tidak terlalu kentara apabila dilihat secara sekilas.

Untuk menggunakan efek bokeh, disediakan pilihan fitur bernama Live Focus. Dalam satu kali jepretan di Live Focus, nanti hasilnya akan menjadi dua tampilan, yaitu Close-up dan Wide Angle

Hasil foto bokeh (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Hasil foto wide-angle (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Saat sensor pada lensa kedua mengambil gambar, sensor pada lensa pertama bekerja untuk mengidentifikasi apa yang menjadi objek foto utama dan mana yang merupakan latar. Hasil analisis sensor pertama kemudian dijadikan dasar software Note 9 untuk memberi efek bokeh pada latar dengan memburamkannya, sambil menjaga objek foto utama tetap terlihat tajam.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikan mode kamera sesuai dengan kebutuhan Anda. Galaxy Note 9 juga sudah dilengkapi dengan mode Pro, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan kamera, seperti Shutter Speed dan ISO.

Satu masalah kamera smartphone adalah biasanya fotonya akan penuh dengan noise atau derau ketika digunakan untuk mengambil gambar di tempat gelap. Untungnya, Galaxy Note 9 bisa menghasilkan foto yang hasilnya tetap cukup baik meski di tempat yang remang-remang.

Kamera Galaxy Note 9 tampil baik ketika memotret di malam hari. Hal ini berkat fitur Dual Aperture yang secara otomatis melebar untuk memasukkan lebih banyak cahaya saat memotret dalam pengaturan yang redup.

Hasil jepretan malam di kondisi minim cahaya (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Beralih ke kamera depan, Samsung membenamkan sensor 8 megapiksel dengan aperture f/1.7. Di sini, Anda juga dapat mengakses AR Emojis, jika Anda ingin berubah menjadi karakter Disney, atau suatu karakter yang lucu.

Recent Articles

Justice League dan Film DC Lainnya Masih di HBO Max Sampai Desember

Technologue.id, Jakarta - WarnerMedia Entertainment mengumumkan perpanjangan beberapa film DC populer di HBO Max, akan tetap di platform streaming itu hingga Desember 2020.

Moonton Hibur Player Mobile Legends India

Technologue.id, Jakarta - Bentrokan di perbatasan India-Cina telah dirasakan dampaknya oleh beberapa pihak, terutama bagi pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi dan game...

Vivo X50 Segera Meluncur di Indonesia, Yuk Intip Kelebihannya

Technologue.id, Jakarta - Vivo segera menghadirkan jajaran X50 Series ke Indonesia. Ponsel yang mengunggulkan kemampuan fotografinya ini dipastikan akan mendarat di Tanah...

Karyawan Masuk Kantor, Aplikasi Ini Mampu Deteksi Jarak Aman dan Face Mask

Technologue.id, Jakarta - Platform payroll digital, Catapa, meluncurkan produk baru CatapaAtOffice untuk menciptakan produktivitas dengan rasa aman dan nyaman untuk karyawan sekaligus...

Smartphone Nokia 1 2018 Kebagian Android 10 Go Edition

Technologue.id, Jakarta - Sejak awal diluncurkan hingga saat ini, perangkat Android yang sudah bisa mencicipi sistem operasi Android 10 umumnya berasal dari...

Related Stories